androidvodic.com

Progres Pembangunan Akses Transportasi IKN: Bandara dan Jalan Tol Ditargetkan Beroperasi Juli 2024 - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono membeberkan terkait dengan progres pembangunan akses jalan yang ada di IKN.

Dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi II DPR RI, Bambang Susantono menyatakan sejauh ini pembangunan tahap I masih terus dilakukan Kementerian PUPR.

Satu di antaranya pembangunan Bandara VVIP yang ditargetkan bisa operasional pada Juli 2024.

"Dimana juga akan selesai insyaAllah pada bulan juli Bandara VVIP di situ terlihat," kata Bambang di ruang rapat Komisi II DPR RI, Senin (18/3/2024).

Sementara untuk pembangunan akses jalan tol, khusunya ruas Balikpapan-IKN, kata dia, juga akan ditargetkan operasional pada bulan yang sama.

Jika menilik pernyataan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi target operasional ini digadang untuk memenuhi kebutuhan presiden untuk segera berkantor di IKN.

Baca juga: Libatkan Akademisi, Otorita IKN Tetapkan Standarisasi Konsep Bangunan Berkelanjutan

"Jalan tol yang merah ini yang sedang dikerjakan kementerian PUPR," kata dia.

Bambang menargetkan, jika sudah keseluruhan pembangunan jalan tol ruas itu rampung, maka waktu tempuh dari Balikpapan-IKN bisa dipangkas.

Dimana, dari yang semula rute itu ditempuh dengan kurun waktu sampai 2 jam, maka dengan adanya ruas jalan tol itu bisa hanya sekitar 50 menit.

"Apabila jalan tol tahap pertama hingga akhir tahun ini selesai kalau kita dari Balikpapan ingin ke IKN yang semula sekarang mungkin 1,5-2 jam bisa hanya sekitar 40-50 menit saja dengan jalur yang merah yang kita lihat di peta itu," kata Bambang.

Baca juga: Kementerian ATR: Kepastian Hak Atas Tanah Faktor Penting Yakinkan Investor Berinvestasi di IKN

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimis bahwa IKN akan menjadi kota yang hidup dalam satu dekade ke depan.

Hal itu disampaikan Jokowi usai meninjau lapangan upacara dan Istana Presiden di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis, (29/2/ 2024).

"Kita perkirakan dalam 10 tahun kota ini akan menjadi kota yang hidup, yang dihuni oleh masyarakat kita," katanya.

Presiden Jokowi berencana untuk berkantor di IKN segera setelah infrastruktur pendukung transportasi di IKN selesai dibangun.

Adapun Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono disebutkan akan berkantor di IKN mulai pertengahan tahun 2024.

"Pak Basuki Juni, Juli. Saya nunggu airport-nya jadi, jalan tolnya jadi. Kalau jalan tolnya jadi, airport-nya jadi (berkantor di sini)," katanya.

Sementara itu, terkait dengan pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke IKN, Presiden menyebut bahwa pemindahan akan dilakukan secara bertahap seiring dengan penyiapan fasilitas pendukung bagi ASN.

"Misalnya, perumahan yang paling penting, kemudian sekolah untuk anak-anak beliau-beliau yang pindah ke sini, rumah sakit kalau ada yang sakit misalnya. Sehingga semua ini harus mengelola, manajemen seperti ini tidak gampang. Ini yang sedang kita siapkan," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat