androidvodic.com

Kemenparekraf Tambah Tiga Penerbangan Internasional ke Labuan Bajo - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, LABUAN BAJO - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan menambah tiga penerbangan internasional dari Malaysia, Singapura dan Australia ke Bandara Internasional Komodo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, proses penerbangan langsung dari tiga negara itu masih dalam tahap finalisasi. Dia menargetkan pada akhir tahun atau kuartal IV 2024 ini tiga penerbangan internasional langsung ke Labuan Bajo itu bakal terealisasi.

"Saya menargetkan sekitar 6 bulan, tapi keliatannya bisa lebih cepat dari itu di kuartal keempat karena ini Bandara Internasional jadi sudah disiapkan semua kelengkapannya," kata Sandiaga kepada wartawan di Labuan Bajo, Rabu (29/5/2024).

Sandiaga bilang, Kemenparekraf telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Kemenko Marves terkait tiga maskapai yang akan bekerja sama untuk pembukaan penerbangan internasional ke Labuan Bajo.

Menurutnya, penambahan jumlah pesawat ke destinasi-destinasi prioritas seperti Labuan Bajo ini bakal berdampak pada penurunan harga tiket pesawat sehingga lebih terjangkau.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan juga dengan Menko Marves akan ditambah jumlah pesawat secara bertahap sehingga akan meningkat ketersediaan kursi. Sehingga banyak juga jalur-jalur penerbangan di kuartal ketiga, keempat ini mudah-mudahan bisa membuat harga tiket lebih terjangkau," jelas dia.

Baca juga: Garuda Gelar SOTF 2024, Harga Tiket Jakarta-Bangkok PP Hanya Rp3,9 Juta, Labuan Bajo Rp2,1 Juta

Sebelumnya, Sandiaga menyatakan tiga maskapai tersebut di antaranya Air Asia untuk rute Kuala Lumpur, Scoot untuk rute Singapura dan Jet Star untuk rute Australia.

Adapun mengutip Kompas, Bandara Labuan Bajo dji Nusa Tenggara Timur (NTT) sedang menyiapkan penerbangan langsung rute internasional untuk 2024. Adapun negara yang akan bekerjasama dalam pembukaan penerbangan internasional ke Labuan Bajo ini seperti Singapura dan Australia.

Baca juga: Kisah Pedagang Jus Buah di Labuan Bajo Urus Sertifikat Halal: Sering Ditanya Ini Halal Nggak?

"Pada 2024 kami akan promosi event, fokus di peningkatan produk wisata yang beragam, dan kami juga sedang menyasar untuk menyiapkan direct flight (penerbangan langsung) dari internasional," kata Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores, Shana Fatina saat acara Jumpa Pers Akhir Tahun 2023 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat