androidvodic.com

ASDP Terapkan E-Ticketing di Lintasan Bajoe-Kolaka - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) resmi menerapkan layanan reservasi tiket online berbasis website di Lintasan Bajoe-Kolaka yang mulai berlaku pada Senin (3/6/2024).

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, layanan reservasi e-ticketing ini dapat diakses melalui situs trip.ferizy.com sebagai upaya optimalisasi pelayanan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dia juga bilang, pelaksanaan go-live di Lintas Bajoe-Kolaka ini sebagai wujud komitmen dan konsistensi ASDP dalam penerapan digitalisasi untuk mempermudah mobilitas masyarakat melalui transportasi penyeberangan laut.

Baca juga: ASDP Komitmen Layani Penyeberangan Masyarakat Lewat Pengelolaan 37 Pelabuhan & 225 Unit Kapal

"Harapannya ini akan semakin mempermudah masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan kapal ferry. Pengguna jasa tidak perlu khawatir tidak mendapatkan tiket karena bisa melakukan reservasi sejak jauh hari dan pengguna yang telah bertiket ketika tiba di pelabuhan sudah dipastikan akan berangkat," kata Shelvy dalam keterangannya, Senin.

Shelvy mengatakan, manfaat lain kehadiran layanan Ferizy berbasis website ini untuk mempersingkat rantai perjalanan barang dan masyarakat.

Kata dia, pelabuhan Bajoe kini telah mampu menampung aktivitas bongkar muat yang cukup banyak sekaligus menjadi titik singgah yang strategis bagi pengiriman komoditas dari berbagai daerah. Serta menjadi sentra jembatan penghubung jalur laut menghubungkan Jawa, Maluku, dan Papua.

"Pelabuhan Bajoe dan Kolaka menjadi salah satu penunjang kegiatan perekonomian. Kehadirannya membuat jalur distribusi yang lebih singkat dan berdampak pada efisiensi waktu dan biaya yang lebih murah sehingga mampu memperluas kesejahteraan masyarakat. Diperkuat dengan Ferizy, pengguna jasa dapat memastikan jadwal keberangkatan kapal sehingga kesegaran komoditi yang dibawa tetap terjaga," jelas Shelvy.

Disamping itu, sejak Januari hingga Mei 2024 total penumpang yang menyeberang di lintasan Bajoe-Kolaka sebanyak 59.108 penumpang dan 16.476 kendaraan dengan rincian 7.143 unit roda dua, 4.047 unit roda empat, 1.005 unit bus, dan 4.281 unit truk logistik.

Baca juga: ASDP Buka Opsi Putarbalikkan Pemudik Saat Arus Balik Jika Datang Tak Sesuai Jadwal Keberangkatan

Sedangkan, total penumpang yang menyeberang di lintasan Kolaka-Bajoe sebanyak 61.415 penumpang dan 13.689 kendaraan dengan rincian 6.273 unit roda dua, 3.163 unit roda empat, 978 unit bus, dan 3.275 unit truk logistik.

Shelvy mengingatkan, waktu maksimal pelayanan masuk kapal di lintasan Bajoe-Kolaka setiap pukul 09.00 WITA, 12.00 WITA, dan 16.00 WITA dengan jarak tempuh kurang lebih 138 km.

"Pengguna jasa dapat memilih waktu perjalanan maksimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan dan sudah dapat masuk di 2 jam sebelum waktu pelayanan selesai," tutur dia.

"Pemesanan tiket juga dapat dilakukan sejak 60 hari sebelum keberangkatan sehingga penumpang dapat merencanakan perjalanannya dengan lebih matang," sambungnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat