androidvodic.com

842 Ribu Kendaraan Diprediksi Tinggalkan Jabotabek saat Libur Panjang Idul Adha, Puncaknya Sabtu - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus lalu lintas (lalin) pada saat libur panjang Hari Raya Idul Adha 1445/2024 akan terjadi pada Sabtu (18/6/2024) mendatang.

"Jasa Marga memprediksi puncak kendaraan meninggalkan Jabotabek akan terjadi pada hari Sabtu (15/06) dengan jumlah lalin sebesar 195.966 kendaraan atau naik 32,94 persen terhadap lalin normal," kata Marketing & Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani dalam keterangannya, Kamis (13/6/2024).

Faiza juga memprediksi sebanyak 842.227 kendaraan akan meninggalkan wilayah Jabotabek pada periode libur panjang Hari Raya Idul Adha 1445H/2024 dimulai Jumat (14/6) hingga Selasa (18/6). Total volume lalu lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini diprediksi naik 25,53 persen jika dibandingkan lalin normal sebesar 670.913 kendaraan.

"Dengan melihat peningkatan volume kendaraan yang akan meninggalkan wilayah Jabotabek tersebut, Jasa Marga memastikan kesiapan layanan operasi jalan tol Jasa Marga Group berjalan dengan optimal," ucap Faiza.

Baca juga: KAI Operasikan 24 Kereta Tambahan pada Libur Idul Adha 2024, Ini Rute dan Jadwal Keberangkatannya

"Terutama di ruas jalan tol yang berpotensi menjadi destinasi wisata favorit pengguna jalan saat libur panjang di antaranya Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Cipularang untuk ke arah Trans Jawa dan Bandung serta Jalan Tol Jagorawi untuk yang menuju arah Puncak dan sekitarnya," sambungnya.

Selain itu untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan kendaraan, Jasa Marga akan menambah jumlah petugas dan mobile reader di gerbang tol utama. Serta penempatan petugas di titik-titik rawan kepadatan untuk mempercepat penanganan gangguan kendaraan di lajur serta mengatur lalu lintas.

"Jasa Marga juga siap mendukung rekayasa lalu lintas atas diskresi Kepolisian, seperti Contraflow dengan menempatkan petugas dan rambu-rambu pendukung. Kami juga memastikan layanan preservasi/pemeliharaan yang berjalan rutin berjalan optimal untuk menjaga kualitas jalan tol Jasa Marga Group dalam kondisi baik, termasuk menangani potensi gangguan kondisi jalan tol, khususnya ketika terjadi curah hujan tinggi, secara cepat dan tepat," jelasnya.

Terakhir Faiza menambahkan, untuk layanan di rest area, Jasa Marga menjaga fasilitas umum seperti toilet dan mushola beroperasi dengan baik dan optimal.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian jika dibutuhkan diskresi untuk melakukan buka tutup rest area dengan melihat kapasitas parkir yang tersedia," ungkap dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat