androidvodic.com

Purnomo Yusgiantoro: Dukungan Pentahelix Dibutuhkan untuk Riset Energi Terbarukan - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi 

News, JAKARTA - Mantan Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro menilai riset energi terbarukan sangat dibutuhkan untuk pengembangan di Tanah Air. 

Dirinya menilai berbagai pihak berperan dalam meningkatkan riset energi terbarukan. 

"Dukungan pentahelix untuk riset Energi terbarukan dibutuhkan. Misal dari perguruan tinggi, Pemerintah, industri dan Research Center sekitar PYC," ujar Purnomo. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Purnomo seusai perayaan hari ulang tahun ke-8 Purnomo Yusgiantoro Center (PYC), yang mengusung tema “Celeb8 PYC’s Sustainable Journey,” di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (20/6/2024). 

Selama ini, PYC fokus di bidang penelitian dan pelestarian budaya lokal. 

Ketua Umum PYC, Filda Citra Yusgiantoro, mengungkapkan PYC juga aktif melakukan penelitian independen di bidang pertahanan negara dan keamanan nasional.

“PYC fokus pada solusi atas penyelesaian masalah dan tantangan yang berdampak signifikan pada pembangunan berkelanjutan di Indonesia,” jelas Filda. 

PYC, kata Filda,konsiste memberikan solusi melalui berbagai proyek penelitian independen, seminar, lokakarya, konferensi, dan kerja sama dengan institusi pemerintah dan swasta dalam berbagai studi atau penelitian terkait energi serta Pertahanan Negara dan Keamanan Nasional. 

"Kami juga berkontribusi dalam program inisiasi sosial sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat di bidang kebudayaan, kesehatan, dan pendidikan. Kami terlibat aktif mempromosikan warisan kebudayaan lokal dan regional untuk melestarikan budaya tradisional Indonesia,” kata Filda.

Pada HUT ke-8, PYC meluncurkan  buku berjudul “Pengabdian Purnomo Yusgiantoro dalam Pemerintahan Enam Presiden,” karya Prof Ir  Purnomo Yusgiantoro MSc, MA, PhD, IPU. 

Baca juga: Akses Terhadap Riset Dinilai Semakin Merata dan Berdampak pada Kebijakan

Buku tersebut berisi tulisan tentang perjalanan karier Purnomo Yusgiantoro dalam pengabdiannya pada pemerintahan enam presiden Republik Indonesia.

Selain itu, PYC juga memberikan apresiasi kepada para stakeholders yang dinilai berkontribusi positif bagi pengembangan PYC, melalui penganugerahan “PYC Awards 2024.” 

Penerima “PYC Awards 2024” adalah Danny Quah PhD (Dekan Lee Kuan Yew School of Public Policy Singapura), Dr  Raden Sukhyar (Senior Fellow Sektor Mineral dan Batubara), Dr Rachmat Sudibyo (Senior Fellow Sektor Minyak dan Gas Bumi),  dan Prof  Tan Eng Chye (Profesor National University of Singapore). 

"Empat tokoh ini memberikan insight yang signifikan bagi perkembangan PYC selama ini,” kata Filda.

Hadir pula,  Dewan Pembina dan Pengawas Purnomo Yusgiantoro Center Prof  Ir Purnomo Yusgiantoro MSc, MA, PhD, IPU,  jajaran Dewan Pembina Ibu Lis Purnomo Yusgiantoro, Luky Agung Yusgiantoro BSc, MSc, PhD,Inka B. Yusgiantoro BSE, MS, MSE, MA, PhD, dan Alexander E. Wibowo SH,LL.M, JSD, staf PYC, dan undangan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat