androidvodic.com

Resmikan Pabrik Baterai dan Kendaraan Listrik di Karawang, Jokowi: Kita Jadi Pemain Utama Global - News

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ekosistem baterai dan mobil listrik Korea Selatan, di Karawang Jawa Barat, Rabu, (3/7/2024).

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi yakni Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Staf Presiden Moeldoko, dan lainnya.

Dalam sambutannya Presiden mengatakan bahwa ekosistem kendaraan listrik di Karawang Jawa Barat tersebut merupakan tonggak Indonesia untuk menjadi pemain global dalam ekosistem baterai dan kendaraan listrik.

Baca juga: Kolaborasi Semua Pihak, Jadi Momentum Dorong Percepatan Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

"Hari ini kita telah memulai babak baru dalam meletakkan sebuah tonggak komitmen kita untuk menjadi pemain global di ekosistem EV cell baterai dan electric vehicle," kata Presiden.

Presiden mengatakan Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah.

Namun selama ini SDA itu tidak dimanfaatkan secara optimal karena hanya di eksploitasi untuk diekspor dalam bentuk bahan mentah atau raw material.

"Tidak memiliki nilai tambah tapi material kita semakin hari semakin habis," katanya.

Namun kini, kata Presiden, dengan dibangunnya smelter dan juga pabrik baterai dan kendaraan listrik, Indonesia akan mendapatkan banyak nilai tambah dengan SDA yang dimiliki.

Indonesia akan menjadi pemain penting dalam rantai pasok kendaraan listrik.

"Sekarang dengan dibangunnya smelter dengan dibangunnya pabrik cell baterai kendaraan listrik, kita akan menjadi pemain global yang penting dalam global suplai chain untuk kendaraan listrik," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat