androidvodic.com

Kemenkes: Ada 6 Provinsi Target Testing Covid-19 Masih di Bawah Standar WHO - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memberikan saran agar testing dilakukan minimal 1 per 1.000 penduduk per minggu. 

Namun menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, ada enam provinsi di Indonesia yang belum mencapai target. 

Keenam provinsi itu yakni Aceh, Lampung, Jawa Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan Maluku.

"Diharapkan semua daerah bisa meningkatkan dan mempertahankan testing terutama untuk kasus kontak erat yang ditemukan," ungkapnya pada konferensi pers virtual, Jumat (13/8/2021).

Saat ini Nadia menyebutkan jika tingkat testing secara nasional berada di angka 3,53 per 1.000 penduduk per minggu.

Baca juga: Jakarta Keluar dari Zona Merah Covid-19, Wagub DKI: 24.011 RT Zona Hijau

Baca juga: Dukung Gerakan #Indonesiapastibisa, Dunia Usaha Salurkan Donasi untuk Penanganan Covid-19

Sedangkan secara mingguan, positivity rate diketahui mengalami penurunan sebesar 23,6 persen.

Petugas medis melakukan tes swab PCR kepada warga di Puskesmas Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (23/7/2021). Pemerintah berencana melakukan peningkatan testing dan pelacakan atau tracing secara masif dalam waktu dekat. Upaya tes dan tracing tersebut rencananya akan dilakukan di kawasan padat penduduk di sejumlah wilayah. Tribunnews/Herudin
Petugas medis melakukan tes swab PCR kepada warga di Puskesmas Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (23/7/2021). Pemerintah berencana melakukan peningkatan testing dan pelacakan atau tracing secara masif dalam waktu dekat. Upaya tes dan tracing tersebut rencananya akan dilakukan di kawasan padat penduduk di sejumlah wilayah. Tribunnews/Herudin (Tribunnews/Herudin)

"Tren Positivity Rate terus menurun pada awal Juli sebesar 31 persen, dan saat ini sudah sampai ke angka 22,5 persen, namun demikian penularan yang masih tinggi dan merata masih terjadi di semua wilayah," tuturnya. 

Baca juga: Ketum Airlangga Instruksi Golkar Bantu Tangani Covid-19

Sedangkan secara nasional, kasus Covid-19 yang terkonfirmasi mengalami penurunan hingga 18 persen dari pekan sebelumnya. Khususnya daerah DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Di sisi lain, ada lima provinsi yang mengalami kenaikan kasus positif Covid-19

"Di beberapa provinsi (seperti) Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Aceh, Gorontalo dan Bangka Belitung mencatatkan peningkatan kasus lebih dari 20 persen dibandingkan minggu sebelumnya," tegasnya.
 

Terkini Lainnya

  • Virus Corona

  • Keenam provinsi itu yakni Aceh, Lampung, Jawa Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan Maluku.

  • Covid-19 di Singapura Alami Peningkatan, Kemenkes: Belum Ada Urgensi Pembatasan Perjalanan

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat