androidvodic.com

TNI AL dan Yayasan Buddha Tzu Chi Gelar Vaksinasi Massal di Rorotan Jakarta Utara - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - TNI Angkatan Laut (TNI AL) bersama Yayasan Buddha Tzu Chi menggelar vaksinasi Covid-19 massal di Kantor Kelurahan Rorotan Jakarta Utara pada Rabu (18/8/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Juliadi dari Tim Tanggap Darurat Buddha Tzu Chi turut memberikan bantuan kepada petugas makam di Rorotan dan peserta vaksin secara simbolis.

Kerja sama tersebut rencananya juga akan dilakukan di wilayah lain yang memerlukan.

Yudo mengatakan TNI AL mengajak Yayasan Buddha Tzu Chi karena yayasan tersebut bergerak di bidang sosial kemanusiaan dan pernah membantu dalam kegiatan penanganan Covid-19 di pulau Sebaru.

Yudo juga mengatakan kegiatan digelar di Rorotan karena pelaksanaan vaksinasi di sana baru mencapai 60 persen.

Target vaksinasi dalam kegiatan tersebut, kata Yudo, yakni 600 orang dengan rincian 400 dosis Sinovac dan 200 dosis Astrazaneca.

Baca juga: KSP: Pelibatan Peran Militer Dalam Merespons Covid-19 Sudah Tepat

"Kita menargetkan pemberian vaksin kepada 600 orang, namun tidak menutup kemungkinan kalau masih kurang karena antusias masyarakat meningkat, kita telah menyediakan 1.500 dosis," kata Yudo dalam keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AL, Rabu (18/8/2021).

Yudo mengatakan kegiatan tersebut sesuai instruksi Presiden dan Panglima TNI untuk bersama-sama melaksanakan percepatan penanganan Covid-19.

TNI AL, kata Yudo, melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat maritim sejak 23 Juni 2021 dengan mengerahkan seluruh kesatuan di jajarannya dari Sabang sampai Merauke terutama di daerah yang masih minim vaksinasi.

Baca juga: Amandemen UUD 1945 di Tengah Pandemi Covid-19 Dinilai Tidak Relevan

"Saya perintahkan untuk melaksanakan serbuan vaksinasi pada masyarakat maritim, tetapi karena masyarakat pesisir dan pulau-pulau sudah tercapai, kini TNI AL menyasar daerah-daerah yang belum tercapai," kata Yudo.

Kegiatan yang telah dan akan terus dilaksanakan TNI AL yakni serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim, menyediakan ketersediaan suplai oksigen, membuat dapur umum, menyediakan ruang atau tempat perawatan, dan menyumbang darah dengan menyelenggarakan donor darah khususnya plasma konvalesen.

Terkait suplai oksigen, TNI AL telah mengerahkan KRI dr Soeharso-990 dan KRI Semarang-594.

Baca juga: Zulkifli Hasan: Jangan Ada yang Berpikir Cari Untung Dalam Penanganan Covid-19

Khusus KRI Semarang-594 yang saat ini telah memenuhi kebutuhan oksigen di Bangka Belitung akan bergeser menuju ke Dumai karena ada kelangkaan oksigen di sana.

Menyikapi hal tersebut TNI AL juga telah menyiapkan dua kapal tambahan jenis Frosch.

Dua kapal tersebut yaitu KRI Teluk Manado-537 dan KRI Teluk Hading-538 yang saat ini siap mendukung pemenuhan kebutuhan oksigen apabila ada permintaan dari pemerintah daerah.

Terkini Lainnya

  • TNI Angkatan Laut (TNI AL) bersama Yayasan Buddha Tzu Chi menggelar vaksinasi Covid-19 massal di Kantor Kelurahan Rorotan

  • Covid-19 di Singapura Alami Peningkatan, Kemenkes: Belum Ada Urgensi Pembatasan Perjalanan

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat