androidvodic.com

Jemaah Haji Banyak yang Lupa Jalan ke Hotel, PPIH Minta Selalu Bawa Kartu Agar Mudah Dilacak - News

Laporan Khalidin Umar Barat dari Arab Saudi

News, MADINAH - Jemaah haji yang lupa jalan pulang ke hotel hingga berputar-putar di seputaran Masjid Nabawi dan sekitarnya mewarnai perjalanan haji saat di Madinah, Arab Saudi.

Kepala seksi Perlindungan Jamaah (Linjam) PPIH Arab Saudi Ahmad Hanafi kepada media Center Haji (MCH) Sabtu (18/5/2024) menjelaskan fenornena ini memang sudah diprediksi.

Sebab ramainya situasi di Madinah membuat jemaah rawan kebingungan.

Wartawan Serambi Indonesia Khalidin Umar Barat selaku petugas Media Center Haji (MCH) 2024 dari Arab Saudi melaporkan Jumlah jamaah calon haji (JCH) Indonesia yang telah tiba di di Arab Saudi sudah mencapai 49.306 orang dari 127 kelompok terbang (Kloter).

Jumlah tersebut menurut Khalidin berdasarkan data yang dirilis di dashboard www.kemenag.go.id hingga Sabtu (18/5/2024) pukul 08.50 Waktu Arab Saudi (WAS) atau pukul 12.50 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Baca juga: Cerita Petugas Haji Indonesia Bantu Jemaah Perempuan Afghanistan yang Lupa Arah Pulang ke Hotel

Terkait jamaah yang lupa arah pulang ke hotel, PPIH menempatkan tim khusus di sektor Masjid Nabawi guna memantau jamaah yang kebingunan arah pulang ke hotel atau yang terpisah dari kelompok.

Sejauh ini, kata Hanafi, meski setiap hari selalu ada jamaah yang tersasar, mereka sudah bisa kembali ke hotel tempat dia menginap.

Dalam kesempatan itu, dia mengimbau agar seluruh jamaah untuk saling menjaga personel di masing-masing rombongan.

"Ketua regu dan ketua rombongan juga diimbau lebih perhatian dengan masing-masing anggota," katanya.

Dia juga meminta semua jamaah untuk tidak lupa membawa identitas saat keluar hotel. Sehingga jika terjadi sesuatu bisa ditangani.

Kasus jamaah lupa arah pulang kerap terjadi. Seperi dialamai Ruqoyah, 65. Ia sempat panik karena setelah salat Isya berjamaah di Masjid Nabawi tidak tau arah pulang ke hotel.

Berjalan ke sana ke mari demi mencari hotel tempat dia menginap. Sampai akhirnya dia didatangi oleh Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi yang sedang berkeliling.

Petugas itu lantas mengantar jemaah haji asal Bojonegoro itu ke hotelnya. "Matursuwun nggeh mas. Ngapunten ngerepoti (terimakasih mas. Mohon maaf merepotkan, Red)," kata Ruqoyah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat