androidvodic.com

Taufiq Ismail Bersama Konjen RI Istanbul Luncurkan Buku Puisi Dwi Bahasa Toz Ustunde Toz - News

News - Penulis dan Penyair kenamaan Indonesia, Taufiq Ismail bersama Konjen RI Istanbul meluncurkan buku puisi dwi bahasa berjudul Toz Ustunde Toz.

Buku puisi dwi bahasa Toz Ustunde Toz merupakan terjemahan dari buku puisi karya Taufiq Ismail yang berjudul Debu di Atas Debu.

Debu di Atas Debu sendiri berisikan puisi karya Taufiq Ismail yang tersusun rapi dalam 300 halaman.

Penulis dan Penyair Indonesia, Taufiq Ismail membacakan karyanya saat peluncuran buku puisi dwi bahasa Toz Ustunde Toz, (5/4/2021).
Penulis dan Penyair Indonesia, Taufiq Ismail membacakan karyanya saat peluncuran buku puisi dwi bahasa Toz Ustunde Toz, (5/4/2021). (Dokumentasi Konjen RI di Istanbul)

Debu di Atas Debu merupakan mahakarya dari Taufiq Ismail yang sudah diakui oleh dunia internasional.

Buku puisi tersebut tercatat sudah diterjemahkan dalam 13 bahasa sejak tahun 2010.

Karya hebat sang sastrawan Indonesia itu kini tersedia dalam Bahasa Rusia, Arab, Belanda, Inggris, Perancis, Jerman, Farsi, Bosnia, Amerika, Korea, China, Jepang, dan yang terbaru, Turki.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Istanbul mendapatkan kehormatan sebagai penyelenggara pembacaan karya puisi sekaligus peluncuran buku kumpulan puisi Taufiq Ismail Toz Ustunde Toz pada 5 April 2021 lalu.

Dalam kesempatan peluncuran buku kumpulan puisi Toz Ustunde Toz, Taufiq Ismail juga membacakan beberapa sajak fenomenal karyanya.

Beberapa karya terbaik sang penyair seperti “Dengan Puisi, Aku”, “Rindu Rasul”, dan “Palestina” memukau seluruh hadirin.

Sajak ‘Dengan Puisi, Aku’ merupakan “pernyataan” kepengarangannya tentang mengapa menjadi seorang penyair.

"Kami berharap kecintaan Bapak Taufiq Ismail terhadap Puisi dan seni sebagai refleksi kepedulian beliau kepada fenomena sosial dan cinta tanah air akan diteruskan oleh generasi muda," tegas Konsul Jenderal RI di Istanbul, Imam As’ari dalam press rilis yang diterima Tribunnews.

Penulis dan Penyair Indonesia, Taufiq Ismail membacakan karyanya pada peluncuran buku puisi dwi bahasa di Konjen RI Istanbul, (5/4/2021).
Penulis dan Penyair Indonesia, Taufiq Ismail membacakan karyanya pada peluncuran buku puisi dwi bahasa di Konjen RI Istanbul, (5/4/2021). (Dokumentasi Konjen RI di Istanbul)

Taufiq Ismail selanjutnya menyerahkan secara simbolis buku-buku karyanya untuk menjadi koleksi Perpustakaan KJRI Istanbul dan Perguruan- PerguruanTinggi di Turki.

Taufiq Ismail berharap sumbangsihnya dalam Toz Ustunde Toz dapat mempererat persahabatan Indonesia dan Turki yang sudah terjalin sejak lama.

Peluncuran buku puisi dwi bahasa itu juga dihadiri oleh Konsul Jenderal RI di Istanbul, tokoh dan pengajar sastra, pelajar Turki peserta Pusat Pembinaan Bahasa dan Budaya Indonesia di KJRI Istanbul serta masyarakat dan pelajar Indonesia di Istanbul.

(News/Guruh)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat