androidvodic.com

Uni Eropa Jatuhkan Sanksi Terhadap Belarusia yang Membajak Pesawat Demi Tangkap Aktivis Oposisi - News

News - Para pemimpin Uni Eropa setuju memberikan serangkaian sanksi terhadap Belarusia lantaran mengalihkan secara paksa jet penumpang yang terbang antara dua negara UE  untuk menangkap seorang jurnalis oposisi.

Serangkaian saksi itu termasuk larangan menggunakan wilayah udara dan bandara di 27 negara anggota Uni Eropa.  

Para pemimpin Uni Eropa Senin (24/5) waktu setempat, menuntut pembebasan segera Roman Protasevich, seorang jurnalis dan juga kritikus utama Presiden Belarusia yang otoriter Alexander Lukashenko.

Para pemimpin Uni Eropa menggambarkan pengalihan secara paksa penerbangan Ryanair itu sebagai aksi “pembajakan” yang kurang ajar terhadap maskapai penerbangan sipil milik Irlandia itu, seperti dikutip dari Aljazeera.

Para pemimpin Uni Eropa juga memutuskan untuk memberikan sanksi individu kepada pejabat yang terkait dengan operasi tersebut.

Baca juga: Jet Tempur MiG-29 Paksa Pesawat Sipil Mendarat Darurat dan Tangkap Aktivis Oposisi

Mereka juga meminta Organisasi Penerbangan Sipil Internasional untuk memulai penyelidikan atas apa yang mereka lihat sebagai langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya dan apa yang oleh beberapa orang disebut sebagai "terorisme negara".

Keputusan di KTT akan diubah menjadi tindakan segera setelah proses hukum memungkinkan.

Presiden AS Joe Biden juga mengutuk Belarus atas tindakannya pada hari Senin dan mengatakan dia telah meminta penasihatnya untuk memberinya opsi untuk meminta pertanggungjawaban mereka.

Jake Sullivan, Keamanan Nasional Biden, berbicara dengan pemimpin oposisi Belarus di pengasingan Sviatlana Tsikhanouskaya.

Amerika Serikat memiliki "dukungan kuat untuk tuntutan rakyat Belarusia akan demokrasi, hak asasi manusia, dan kebebasan fundamental," kata Gedung Putih.

Baca juga: Panggil Dubes Belarusia, Inggris dan Uni Eropa Layangkan Protes soal Insiden Ryanair

'Kegilaan total'

Dalam video yang dirilis Senin pagi, Protasevich mengatakan dia bekerja sama dengan pihak berwenang dan "mengakui" tuduhan mengatur protes.

Berbicara dalam sebuah video yang diedarkan oleh saluran TV negara, Protasevich berkata, “Saya berada di Pusat Penahanan no 1 di Minsk. Saya dapat mengatakan bahwa saya tidak memiliki masalah kesehatan, termasuk dengan jantung saya atau organ lain. "

Pria berusia 26 tahun itu mengenakan hoodie hitam dan duduk di belakang meja di sebuah ruangan biasa dengan sebungkus rokok di sisinya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat