androidvodic.com

Presiden Terpilih Iran Ebrahim Raisi Tanggapi Tuduhan Terlibat Eksekusi Massal, Bangga Bela HAM - News

News, TEHERAN - Presiden terpilih Iran Ebrahim Raisi untuk pertama kalinya membahas hubungannya dengan eksekusi massal tahanan politik pada tahun 1988 ketika ia menjadi wakil jaksa Teheran.

Kelompok hak asasi menyatakan bahwa, tak lama setelah perang delapan tahun Iran-Irak berakhir, Raisi adalah salah satu anggota dari apa yang disebut "komisi kematian" yang memerintahkan penghilangan dan eksekusi ribuan tahanan.

Menanggapi pertanyaan Asssed Baig dari Al Jazeera tentang eksekusi, Raisi tidak secara langsung mengkonfirmasi atau menyangkal tuduhan tersebut.

“Semua yang saya lakukan selama menjabat adalah untuk membela hak asasi manusia,” kata cendekiawan Muslim garis keras ini, pada konferensi pers Senin (21/6/2021).

Dia menambahkan bahwa dia telah berurusan dengan mereka yang mengganggu hak-hak orang dan terlibat dalam gerakan Daeshi dan anti-keamanan,  mengacu pada kelompok bersenjata ISIL (ISIS).

Baca juga: Ebrahim Raisi Terpilih jadi Presiden Iran, Ini Respons Para Pemimpin Dunia

“Jika seorang ahli hukum, hakim atau jaksa telah membela hak-hak orang dan keamanan masyarakat, dia harus dipuji dan didorong untuk menjaga keamanan orang dari serangan dan ancaman,” kata Raisi, seperti dilansir dari Al Jazeera.

Apalagi, katanya, sebagai jaksa dan dalam kapasitas lain, dia “bangga” selalu membela hak asasi manusia, dan berjanji akan terus melakukannya sebagai presiden.

Amnesty International awal pekan ini memperbarui seruannya agar Raisi diadili karena "kejahatan kemanusiaan".

Raisi adalah presiden Iran pertama yang bakal tersandung oleh sanksi Amerika Serikat setelah AS pada 2019 menunjuknya  berperan dalam eksekusi, yang menindas protes publik, dan karena memerintahkan hukuman gantung bagi sejumlah orang di bawah umur pada saat mereka melakukan kejahatan.

Raisi juga mengatakan bahwa dia dan Iran sekarang dapat menyebut pelanggaran hak asasi manusia oleh negara lain – bukan sebaliknya – dan menyerukan mereka yang mendirikan kelompok teroris untuk diadili.

Baca juga: Presiden Terpilih Iran Tegaskan Tidak akan Bersedia Bertemu dengan Joe Biden

Kesepakatan Nuklir

Presiden terpilih Iran juga memperluas posisinya pada Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), kesepakatan nuklir Iran 2015 dengan sejumlah kekuatan dunia.

Dia mengulangi sikap yang dia umumkan selama debat presiden, bahwa dia mendukung kesepakatan itu, tapi AS harus kembali ke komitmennya dan pertama-tama mencabut sanksi sepihak yang dijatuhkan setelah mengabaikan kesepakatan bersejarah itu.

“Dunia harus tahu bahwa situasinya telah berubah. Sampai hari ini, 'tekanan maksimum' belum berhasil terhadap kami sehingga mereka harus mempertimbangkan kembali dan kembali," katanya mengacu pada kebijakan mantan Presiden Donald Trump tentang Iran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat