androidvodic.com

Tunangan Julian Assange Desak Joe Biden Bebaskan Pendiri Wikileaks - News

News, LONDON - Presiden AS Joe Biden harus membebaskan Julian Assange jika dia ingin Amerika Serikat kembali menjadi mercusuar bagi kebebasan pers.

Washington telah meminta ekstradisi Assange atas perannya dalam kebocoran informasi rahasia terbesar yang pernah ada, menuduhnya membahayakan nyawa dengan merilis banyak sekali catatan rahasia militer AS dan saluran diplomatik.

Julian Assange sekarang telah menghabiskan sembilan tahun di penjara atau penahanan diri di Inggris.

Tunangan Assange, Stella Moris, dan hakim Inggris yang mengawasi permintaan ekstradisi telah memperingatkan bahwa Julian Assange  mungkin tidak akan selamat dari proses untuk mengekstradisinya.

"Jika Biden benar-benar ingin memutuskan warisan Trump, maka dia harus membatalkan kasus ini," kata Moris kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

Baca juga: Pendiri Antivirus John McAfee Tewas Gantung Diri di Penjara, Tak Lama Setelah Keputusan Ekstradisi

Baca juga: Vladimir Putin: Rusia Siap Mengekstradisi Penjahat Cyber ke Amerika

"Mereka tidak dapat mempertahankan penuntutan terhadap Julian ini sambil mengatakan bahwa mereka membela kebebasan pers global,” kata

Ketika Barack Obama menjabat sebagai presiden dan Biden adalah wakil presidennya, AS memutuskan untuk tidak mengupayakan ekstradisi Assange.

Saat itu AS beralasan bahwa apa yang dilakukan WikiLeaks mirip dengan aktivitas jurnalistik yang dilindungi oleh Amandemen Pertama Konstitusi.

Beberapa minggu setelah menjabat, pejabat pemerintahan Trump meningkatkan kritik publik terhadap Assange dan kemudian mengajukan serangkaian tuntutan pidana yang menuduhnya berpartisipasi dalam konspirasi peretasan.

Departemen Kehakiman AS mengatakan pada Februari bahwa pihaknya berencana untuk terus mengupayakan ekstradisi bagi Assange untuk menghadapi tuduhan konspirasi peretasan.

Baca juga: Korea Utara Ancam Putus Hubungan Diplomatik dengan Malaysia Setelah Warganya Diekstradisi ke AS

Moris mengatakan ia dan Julian Assange berencana untuk segera menikah di penjara Belmarsh dengan keamanan tinggi, tempat dia ditahan.

Kejaksaan AS dan pejabat keamanan Barat menganggap Assange sebagai musuh nekat negara yang tindakannya mengancam nyawa agen yang disebutkan dalam informasi yang bocor.

Namun pendukungnya menganggap Julian Assange sebagai pahlawan anti-kemapanan yang mengungkap kesalahan AS di Afghanistan dan Irak.

Para pendukungnya mengatakan penuntutan terhadap Assange adalah serangan bermotivasi politik terhadap jurnalisme yang memberikan kebebasan bagi rezim penindas di seluruh dunia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat