androidvodic.com

PM Jepang Pertimbangkan Rencana Ikut Partisipasi Perjanjian Larangan Senjata Nuklir - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Keinginan beberapa pihak agar Jepang ikut menandatangani perjanjian perlucutan dan larangan persenjataan nuklir, diantisipasi sangat hati-hati oleh PM Jepang Yoshihide Suga.

Sebab ada ancaman nuklir dari Korea Utara, negara tetangga Jepang.

"Kita perlu menilai dengan hati-hati partisipasi termasuk sebagai pengamat sekali pun dalam Konferensi Para Pihak Perjanjian tentang Larangan Senjata Nuklir, yang mulai berlaku pada Januari tahun 2021 agar tidak merusak postur konvensional," papar PM Yoshihide Suga, Jumat (6/8/2021).

Meskipun partai yang berkuasa telah menyerukan partisipasi, posisi mengandalkan "payung nuklir" AS tidak berubah, dan Jepang juga belum ikut serta dalam perjanjian tersebut.

Perdana Menteri mengadakan konferensi pers di Kota Hiroshima, mengklaim bahwa "perjanjian itu tidak didukung oleh negara-negara yang memiliki senjata nuklir, termasuk Amerika Serikat, dan banyak negara yang tidak memiliki senjata nuklir."

"Tanda tangan saat ini tidak dipertimbangkan sementara lingkungan keamanan di sekitar Jepang menjadi lebih parah," tambah PM Yoshihide Suga.

Sumber News, Sabtu (7/8/2021) mengungkapkan hal tu terkait dengan militer Korea Utara dan gangguan khususnya daerah laut oleh para militer China kepada Jepang.

Baca juga: 2 WNI akan Membawa Bendera Merah Putih saat Upacara Penutupan Olimpiade Tokyo Jepang

Perjanjian itu sepenuhnya melarang pengembangan, produksi, kepemilikan, dan penggunaan senjata nuklir.

Ancaman senjata nuklir juga ilegal, dan kontennya tidak mengakui pencegahan nuklir.

Untuk itu, tidak hanya Amerika Serikat, China, dan Rusia yang memiliki senjata nuklir, tetapi juga negara-negara non-pemilik yang tergabung dalam North Atlantic Treaty Organization (NATO) tidak ikut serta.

Konferensi Para Pihak akan diadakan di Wina pada bulan Januari 2022, satu tahun setelah berlakunya.

Pada debat yang diadakan oleh anggota partai penguasa dan oposisi di Kota Hiroshima pada tanggal 5 Agustus lalu, perwakilan Komeito Natsuo Yamaguchi mengeluh, "Untuk saat ini, kita harus memberikan kontribusi aktif sebagai pengamat."

Pada Upacara Peringatan Perdamaian pada tanggal 6 Agustus, Wali Kota Kazumi Matsui juga meminta partisipasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat