androidvodic.com

Gaji Karyawan di Jepang Oktober 2021 Rata-rata Naik 0,2 Persen Dibandingkan Tahun Lalu - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Gaji rata-rata karyawan Jepang di bulan Oktober rata-rata sekitar 270.000 yen atau 0,2 persen lebih tinggi dari bulan yang sama tahun sebelumnya.

"Itu belum kembali ke tingkat sebelum penyebaran virus corona. Kita akan awasi tren masa depan," kata sumber News dari Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang, Selasa (7/12/2021).

Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan sedang melakukan "Survei Tenaga Kerja Bulanan" yang menargetkan lebih dari 30.000 perusahaan di seluruh tempat di Jepang dengan lima atau lebih karyawan, dan mengumumkan angka awal untuk bulan Oktober pada Selasa (7/12/2021) hari ini.

Hasilnya, rata-rata total gaji tunai per pekerja di bulan Oktober, termasuk gaji pokok dan uang lembur, adalah 271.023 yen.

Jumlah ini merupakan peningkatan 0,2 persen dari Oktober tahun lalu, dan telah positif selama delapan bulan berturut-turut dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya.

Baca juga: Buronan Carlos Ghosn, Mantan Chairman Nissan Motor Mengaku Terasa di Neraka Saat di Jepang

Dari jumlah tersebut, uang lembur lainnya adalah 18.024 yen, meningkat 1,8 persen dari Oktober tahun lalu.

Melihat upah lembur menurut industri, dibandingkan dengan Oktober tahun lalu, "manufaktur" meningkat 9,9 persen, tetapi "akomodasi /layanan makanan" turun 20,3 persen.

Upah riil, yang mencerminkan fluktuasi harga, turun 0,7 persen dari Oktober tahun lalu.

"Meskipun total gaji tunai telah meningkat dibandingkan tahun lalu, itu belum kembali ke tingkat sebelum penyebaran virus corona baru. Kita akan mengawasi tren masa depan," ungkap Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat