androidvodic.com

Vladimir Putin Jadi Tertuduh Lakukan Kejahatan Perang Karena 43 Serangan di Fasilitas Kesehatan - News

News -- Rusia telah dituduh oleh Inggris, AS, Prancis, Albania, Irlandia, dan Norwegia melakukan kejahatan perang di Ukraina, karena Paris mengklaim Vladimir Putin hanya berpura-pura tertarik untuk merundingkan kesepakatan damai.

Keenam negara itu menantang Rusia sebelum pertemuan dewan keamanan PBB ketika menteri luar negeri Inggris, Liz Truss, mengatakan sekarang ada “bukti yang sangat, sangat kuat” tentang kejahatan perang yang dilakukan oleh pasukan Rusia.

"Vladimir Putin ada di belakang mereka," kata Truss. “Pada akhirnya adalah masalah bagi pengadilan pidana internasional untuk memutuskan siapa yang merupakan atau bukan penjahat perang dan bagi kami untuk membawa bukti.”

Baca juga: Pentagon: Vladimir Putin Kerahkan 75% Militer Rusia dalam Invasi Ukraina

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, mengatakan dia setuju dengan Joe Biden bahwa kejahatan perang telah dilakukan di Ukraina, menambahkan bahwa para ahli AS sedang dalam proses mendokumentasikan dan mengevaluasi potensi kejahatan perang.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan kepada dewan keamanan PBB bahwa mereka telah memverifikasi 43 serangan terhadap fasilitas perawatan kesehatan di Ukraina yang telah menewaskan 12 orang dan melukai puluhan lainnya tanpa menyebutkan siapa di belakangnya.

Citra satelit Maxar pada 12 Maret 2022, menunjukkan pemandangan multispektral kebakaran di kawasan industri Distrik Primorskyi di Mariupol barat, Ukraina.
Citra satelit Maxar pada 12 Maret 2022, menunjukkan pemandangan multispektral kebakaran di kawasan industri Distrik Primorskyi di Mariupol barat, Ukraina. (AFP / Citra satelit © 2022 Maxar Technologies)

“Dalam konflik apa pun, serangan terhadap layanan kesehatan merupakan pelanggaran hukum humaniter internasional,” katanya.

Wakil Sekretaris Jenderal PBB Rosemary DiCarlo menyerukan penyelidikan atas serangan yang dilaporkan terhadap warga sipil.

Baca juga: Kemhan Rusia Klaim Terima Lebih Dari 63.000 Permintaan Evakuasi dari Ukraina Hingga Siang Tadi

Dia mengatakan pada pertemuan itu bahwa “hukum humaniter internasional sangat jelas” dan serangan itu “dilaporkan tanpa pandang bulu, yang mengakibatkan korban sipil dan kerusakan infrastruktur sipil.”

Sebelumnya, Blinken, yang telah berulang kali memperingatkan bahwa Putin akan beralih ke penggunaan senjata kimia, mengatakan bahwa pemerintah AS sedang mengumpulkan bukti kejahatan perang dan tampaknya mengabaikan harapan akan resolusi melalui diplomasi.

Dia berkata: “Tindakan yang kita lihat dilakukan Rusia setiap hari, hampir setiap menit setiap hari, sangat kontras dengan upaya diplomatik serius untuk mengakhiri perang.”

Petugas penyelamat terus mencari di antara puing-puing untuk mencari korban selamat dari serangan udara Rusia di sebuah teater di kota Mariupol, Ukraina yang terkepung, tempat ratusan orang berlindung.

Para pejabat mengatakan lebih dari 20 orang tewas dan 25 terluka dalam serangan udara di sebuah sekolah dan pusat komunitas di Merefa, dekat kota timur laut Kharkiv, pada dini hari Kamis pagi.

Oleksii Reznikov, menteri pertahanan Ukraina, menggambarkan pilot yang mengebom teater di Mariupol sebagai monster. Kata "anak-anak" telah dicat dengan tulisan besar Rusia di tanah di luar gedung teater beratap merah untuk memperingatkan jet tempur.

Baca juga: Kemhan Rusia Klaim Terima Lebih Dari 63.000 Permintaan Evakuasi dari Ukraina Hingga Siang Tadi

Berbicara melalui tautan video ke komite anggota parlemen, Reznikov, yang telah memimpin delegasi Ukraina dalam pembicaraan damai dengan Rusia, mengatakan langkah pertama untuk kesepakatan apa pun adalah gencatan senjata segera tetapi dia khawatir Kremlin harus dikalahkan dalam pertempuran terlebih dahulu.

Seorang tentara Ukraina mempertahankan posisinya dengan senjata antipesawat ZU-23-2 di garis depan, timur laut Kyiv pada 3 Maret, 20
Seorang tentara Ukraina mempertahankan posisinya dengan senjata antipesawat ZU-23-2 di garis depan, timur laut Kyiv pada 3 Maret, 20 (Aris Messinis / AFP)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat