androidvodic.com

Pesawat Malaysia Airlines yang Menukik Mendadak Gunakan Boeing 737-800 - News

News, KUALA LUMPUR - Pesawat milik maskapai Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH2664 nyaris jatuh saat mendadak menukik dalam waktu beberapa detik.

Pesawat tersebut terbang dari Kuala Lumpur International Airport (KLIA) dengan tujuan Tawau.

Penumpang Halimah Nasoha sempat menulis tentang pengalamannya di Facebook yang mengatakan bahwa banyak penumpang panik, menjerit, dan beberapa menangis ketika pesawat kehilangan ketinggian dengan tajam sekitar 30 menit setelah penerbangan.

"Itu sangat menakutkan bagi banyak dari kita. Saya benar-benar merasa seperti akan mati. Saya kesal karena saya tidak memakai sabuk pengaman saat itu," katanya di halaman Facebooknya mengingat kejadian itu.

"Penerbangannya tidak stabil. Naik lalu turun. Tapi, pertama kali turun adalah yang terburuk," tambahnya.

Baca juga: Tragedi MH370 Nyaris Terulang, Pesawat Malaysia Airlines Mendadak Menukik, Penumpang Menjerit

Halimah mengatakan pelacak radar penerbangan yang ditampilkan di kabin menunjukkan bahwa penerbangan telah turun dari 25.000 kaki menjadi 23.000 kaki.

Dikutip dari The Straits Times pesawat yang menukik tersebut berjenis Boeing 737-800 atau sama dengan pesawat milik maskapai China Eastern Airlines yang beberapa waktu lalu menukik mendadak.

Beberapa penumpang saat kejadian melayang di kursi mereka saat pesawat menukik tajam sekitar 30 menit setelah lepas landas.

Otoritas Penerbangan Sipil Malaysia (CAAM) telah mengkonfirmasi penerbangan telah kembali ke KLIA dan mengatakan akan meninjau Sistem Pemantauan Data Penerbangan maskapai tersebut.

Maskapai mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Penerbangan MH2664 dari Kuala Lumpur ke Tawau dibatalkan karena masalah teknis dengan pesawat.

Baca juga: Jual BBM Lebih Murah, SPBU Malaysia Ramai Diserbu Warga Singapura

"Itu juga diperparah oleh cuaca buruk dalam perjalanan," ujar pihak maskapai dikutip dari The Star.

Sebagai tindakan pencegahan, pilot membuat keputusan untuk kembali ke Kuala Lumpur demi keselamatan penumpang, kata perusahaan itu.

Pihak maskapai juga menambahkan bahwa pesawat mendarat dengan selamat di Kuala Lumpur pada pukul 17:03 (Minggu) setelah berangkat pukul 14:30 dari Kuala Lumpur International Airport (KLIA).

Pihak maskapai Malaysia Airlines mengatakan bahwa keselamatan awak dan penumpangnya adalah yang paling penting. (The Star/Straits Times)

Penulis: Willy Widianto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat