androidvodic.com

Terkesan Dengar Kumandang Adzan di Hagia Sophia, Wanita Asal Ukraina Ini Putuskan Masuk Islam - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, BURSA - Merasa terkesan oleh kumandang adzan selama melakukan kunjungan ke Turki, seorang wanita Ukraina masuk Islam saat momen Ramadan.

Saat Daria Yaroshenko sedang makan di sebuah restoran selama kunjungannya ke distrik bersejarah Iznik di barat laut provinsi Bursa Turki bersama suaminya, ia mendengar suara adzan dari Hagia Sophia.

Yaroshenko yang terpesona dengan kumandang adzan itu, kemudian pergi ke masjid bersama suaminya dan bertemu dengan muazin Osman akmak, yang mengumandangkan adzan tersebut.

Ia kemudian menyatakan bahwa dirinya ingin masuk Islam setelah mendengar adzan karena merasa sangat terkesan dengan suara muazin itu.

"Saya merasa ada yang bergetar di dalam diri saya. Saya mencari tahu tentang Alquran di internet dan kemudian saya memutuskan untuk menjadi seorang Muslim," kata Yaroshenko.

Wanita Ukraina itu saat ini tinggal di kota barat laut Yalova dan telah mengubah namanya menjadi Derya setelah masuk Islam.

Dikutip dari laman Daily Sabah, Minggu (1/5/2022), saat itu ia juga merasa  khawatir dengan perang yang sedang berlangsung di Ukraina.

Ia mengaku khawatir dengan kondisi kerabatnya dan menegaskan akan kembali ke negaranya itu setelah perang berakhir.

Baca juga: Big Bang Jakarta 2022 Edisi Ramadan Bisa Jadi Destinasi Libur Lebaran Warga Ibu Kota 

Perlu diketahui, perang antara Rusia dan Ukraina yang dimulai sejak 24 Februari lalu itu telah menciptakan kemarahan komunitas internasional, dengan Uni Eropa (UE), Amerika Serikat (AS) dan Inggris menerapkan sanksi keuangan yang sangat keras terhadap Rusia.

Menurut data yang dimiliki Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), setidaknya 1.480 warga sipil telah tewas di Ukraina dan 2.195 terluka.

Namun angka sebenarnya dikhawatirkan jauh lebih tinggi dari yang tercatat saat ini.

Sementara itu, ada lebih dari 4,24 juta warga Ukraina telah melarikan diri ke negara lain, dengan jutaan lainnya mengungsi.

Sumber

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat