androidvodic.com

Albania Serahkan Pangkalan Angkatan Laut Pashaliman ke NATO - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Namira Yunia Lestanti

News, TIRANA – Invasi antara Rusia dan Ukraina yang kian memanas membuat Pemerintah Albania berniat menyerahkan pangkalan angkatan laut Pashaliman kepada Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

“Dalam masa-masa berbahaya ini, saya yakin sang jenderal mungkin mempertimbangkan untuk memiliki pangkalan angkatan laut NATO di Albania,” kata Perdana Menteri Albania, Edi Rama.

Penyerahan pangkalan laut tersebut dimaksudkan Albania sebagai bentuk dedikasinya pada NATO yang telah mengizinkan Albania bergabung dalam pakta NATO pada tahun 2009 silam.

Dengan menyerahkan pangkalan militer tersebut diharapkan NATO dapat memperkuat posisi, di tengah adanya invasi.

Sebagai informasi, pangkalan Pashaliman merupakan satu – satunya pangkalan angkatan laut yang ada di kawasan Mediterania.

Baca juga: Mantan Jenderal NATO Sebut Putin dan Rusia Punya Waktu 9 Bulan Menangkan Perang

Hal inilah yang membuat pangkalan Pashaliman menjadi tempat pangkalan militer paling strategis sejak tahun 1950-an.

Bahkan setelah putusnya hubungan Tirana dengan Moskow pada 1961, Pashaliman tetap menjadi bagian vital dari pangkalan angkatan laut Mediterania, dikutip dari Independent.co.

Baca juga: Pakar Rusia Sebut Perang di Ukraina Sebagai Latihan Melawan NATO

Sebelum menjadi pangkalan laut terbesar seperti sekarang, Pashaliman yang terletak di bawah Teluk Vlora sempat mengalami kerusakan parah pada tahun 1997 lantaran adanya penjarahan yang membuat beberapa material dari kapal selam habis dicuri.

Akibat kerugian ini pemerintah Albania berencana untuk memuseumkan pangkalan Pashaliman, namun rencana tersebut diurungkan karena Turki bersedia membantu Albania merenovasi pangkalan tersebut.

Baca juga: NATO Tambah Anggota, Rusia akan Bangun 12 Pangkalan Militer Baru

Sejak saat itu Pashaliman digunakan sebagai pangkalan laut untuk beberapa kapal militer yang berpatroli di Laut Ionia dan Laut Adriatik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat