androidvodic.com

Kunjungi Israel, Biden akan Teken Perjanjian Bersama Melawan Persenjataan Nuklir Iran - News

News - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Perdana Menteri Israel Yair Lapid akan menandatangani perjanjian bersama untuk membatasi senjata nuklir Iran.

Seorang pejabat senior Gedung Putih, mengatakan perjanjian itu akan memperluas hubungan keamanan AS dan Israel yang sudah terjalin sejak lama.

"Deklarasi ini cukup signifikan, dan itu termasuk komitmen untuk tidak pernah mengizinkan Iran memperoleh senjata nuklir dan untuk mengatasi kegiatan destabilisasi Iran, terutama ancaman terhadap Israel," kata pejabat itu, lapor Reuters.

Biden melakukan tur Timur Tengah pertamanya sejak mulai menjabat pada awal 2021 lalu.

Ia tiba di Israel pada Rabu (13/7/2022).

Biden dijadwalkan bertemu dengan para pemimpin Israel pada Kamis (14/7/2022) ini.

Baca juga: Elon Musk Olok-olok Anak Sulung Presiden Joe Biden yang Terjerat Kasus Prostitusi

Kemudian dilanjutkan dengan konferensi pers bersama dengan PM Lapid.

Lawatan Presiden AS akan berlanjut ke Jeddah, Arab Saudi pada Sabtu mendatang.

Di sana, Biden akan melakukan pembicaraan dengan para pemimpin Saudi dan sekutu Teluk lainnya.

Namun pada Jumat sebelumnya, presiden 79 tahun itu dijadwalkan akan berdiskusi dengan para pemimpin Palestina di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Biden menghadapi perjuangan berat membujuk Iran untuk bergabung kembali dengan perjanjian nuklir Iran yang ditinggalkan pendahulunya, Donald Trump, pada 2018.

Biden kemungkinan akan menghadapi pertanyaan dari Israel dan negara-negara Teluk seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, tentang pertimbangan menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran.

AS kemungkinan juga akan ditanya soal kebijakannya dalam menanggapi tindakan regional Iran.

Dalam sebuah wawancara televisi Israel pada Rabu, Biden mengatakan kesepakatan nuklir itu mewakili peluang terbaik untuk menahan upaya Iran untuk mengembangkan bom nuklir.

Pemimpin oposisi sentris Israel Yair Lapid menyampaikan pernyataan kepada pers di Knesset (parlemen Israel) di Yerusalem pada 31 Mei 2021. Lapid mengatakan
Pemimpin oposisi sentris Israel Yair Lapid menyampaikan pernyataan kepada pers di Knesset (parlemen Israel) di Yerusalem pada 31 Mei 2021. Lapid mengatakan "banyak rintangan" masih ada sebelum koalisi yang beragam untuk menggulingkan Perdana Menteri sayap kanan yang sudah lama menjabat, Benjamin Netanyahu dapat disepakati.  - Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Israel Yair Lapid akan menandatangani janji bersama untuk menolak senjata nuklir Iran pada Kamis (14/7).(DEBBIE HILL / POOL / AFP)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat