androidvodic.com

Gazprom: China Sepakat Bayar Gas Rusia Pakai Mata Uang Rubel dan Yuan - News

News - Raksasa energi Rusia Gazprom mengatakan telah menandatangani perjanjian dengan China untuk memulai pembayaran pasokan gas ke Tiongkok dalam Yuan dan Rubel, bukan Dolar Amerika Serikat (AS).

Langkah ini merupakan tanda hubungan yang memanas baik Beijing dan Moskow, yang berada di bawah sanksi Barat.

"Mekanisme pembayaran baru adalah solusi yang saling menguntungkan, tepat waktu, andal, dan praktis," kata CEO Gazprom Alexei Miller dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan konferensi video dengan kepala grup minyak China CNPC, Dai Houliang.

Dikutip Al Jazeera, Miller menambahkan bahwa kesepakatan itu akan "menyederhanakan perhitungan" dan "menjadi contoh yang sangat baik bagi perusahaan lain".

Miller memberi tahu rekan China-nya tentang "status pekerjaan pada proyek pasokan gas melalui 'rute timur' - pipa gas 'Power of Siberia'" yang menghubungkan jaringan gas Rusia dan China, kata pernyataan Gazprom.

Gazprom tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang skema tersebut atau mengatakan kapan pembayaran akan beralih dari dolar ke rubel dan yuan.

Baca juga: Gazprom Putus Pipa Nord Stream 1, Biaya Impor Energi Italia Melambung Hingga 100 Miliar Euro.

Perubahan tersebut merupakan bagian dari dorongan untuk mengurangi ketergantungan Rusia pada dolar AS, euro dan mata uang keras lainnya, yang dipercepat oleh sanksi Barat dalam menanggapi perang di Ukraina.

Baru-baru ini, Rusia telah berupaya membangun hubungan ekonomi yang lebih erat dengan China dan negara-negara non-Barat lainnya.

Presiden Rusia Vladimir Putin awal tahun ini memaksa pelanggan Eropa untuk membuka rekening bank rubel dengan Gazprombank dan membayar dalam mata uang Rusia jika mereka ingin terus menerima gas Rusia.

Pasokan terputus ke beberapa perusahaan dan negara yang menolak persyaratan kesepakatan, menyebabkan harga energi melonjak.

Kremlin mengatakan bahwa pasokan gas Rusia ke Eropa tidak akan dilanjutkan sampai sanksi Barat terhadap Moskow dicabut.

Kesepakatan miliaran dolar

Dilansir CNN, Rusia menandatangani perpanjangan penting $37,5 miliar untuk kesepakatannya untuk memasok gas ke China pada malam invasi.

Ini mulai memompa gas ke China melalui pipa gas Power of Siberia sepanjang 3.000 km (1.865 mil) pada akhir 2019.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-192: Gazprom Hentikan Pasokan Gas ke Eropa

Gazprombank
Gazprombank (arabnews.com)

Putin memuji langkah itu sebagai “peristiwa yang benar-benar bersejarah, tidak hanya untuk pasar energi global, tetapi di atas segalanya bagi kita, untuk Rusia dan Cina”.

Raksasa energi itu mengatakan gas dari ladang Kovykta yang kurang berkembang akan mulai mengalir melalui pipa Power of Siberia "sebelum akhir tahun", memungkinkan "peningkatan volume pengiriman gas ke China pada tahun 2023".

Berita lain terkait dengan Konflik Rusia Vs Ukraina

(News/Andari Wulan Nugrahani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat