androidvodic.com

Cerita di Balik Kunjungan Rahasia Biden ke Kyiv, Ponsel Jurnalis Ditahan, Disumpah Tidak Bocorkan - News

News, LONDON -  Ada cerita menarik di balik kunjungan diam-diam Presiden AS Joe Biden yang penuh rahasia ke Kyiv, ibukota Ukraina untuk bertemu Presiden Volodymyr Zelenskiy sampai kemudian kunjungan kenegaraan itu terkuak ke publik setiba dia dengan pesawat Air Force One di Kyiv.

Joe Biden dinilai mengambil langkah yang dinilai berani dengan mengunjungi Ukraina.

Tiba-tiba sosoknya muncul di zona perang di bawah serangan reguler, pejabat Gedung Putih menggambarkan kunjungan tak terduga Joe Biden ke ibu kota Ukraina, Kyiv, sebagai hal yang belum pernah terjadi sebelumnya di zaman modern.

Mengutip BBC, mereka mengatakan perjalanan presiden sebelumnya ke Irak dan Afghanistan pada masa perang didukung oleh kehadiran militer AS yang berat.

Terlepas dari spekulasi luas di antara kalangan pers bahwa Biden mungkin merencanakan perjalanan ke Ukraina ketika dia berada di Polandia, kunjungan itu masih mengejutkan semua orang.

Melihat dia muncul di samping Presiden Volodymyr Zelensky di jantung Kyiv dan di bawah suara sirene serangan udara, membuat pernyataan yang lebih keras dari apapun yang bisa dia katakan dalam pidatonya di Polandia.

Presiden AS Joe Biden (kanan) berjalan di samping Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kiri) saat ia tiba untuk berkunjung di Kyiv pada 20 Februari 2023. - Presiden AS Joe Biden melakukan perjalanan kejutan ke Kyiv pada 20 Februari 2023, menjelang peringatan pertama invasi Rusia ke Ukraina, wartawan AFP melihatnya. Biden bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di ibu kota Ukraina pada kunjungan pertamanya ke negara itu sejak awal konflik. (Photo by Dimitar DILKOFF / AFP)
Presiden AS Joe Biden (kanan) berjalan di samping Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kiri) saat ia tiba untuk berkunjung di Kyiv pada 20 Februari 2023. - Presiden AS Joe Biden melakukan perjalanan kejutan ke Kyiv pada 20 Februari 2023, menjelang peringatan pertama invasi Rusia ke Ukraina, wartawan AFP melihatnya. Biden bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di ibu kota Ukraina pada kunjungan pertamanya ke negara itu sejak awal konflik. (Photo by Dimitar DILKOFF / AFP) (AFP/DIMITAR DILKOFF)

"Itu berisiko dan tidak boleh ada keraguan dalam benak siapa pun bahwa Joe Biden adalah pemimpin yang menganggap serius komitmen," kata direktur komunikasi Gedung Putih Kate Bedingfield.

Ponsel Jurnalis Ditahan

Biden dijadwalkan terbang dari AS ke Warsawa pada Senin malam, untuk perjalanan dua hari.

Jadwal tersebut memiliki dua celah panjang yang mencurigakan dalam rencana perjalanannya, dan banyak yang bertanya-tanya apakah saat itu dia akan menyelinap ke Ukraina.

Wartawan dalam jumpa pers harian Gedung Putih telah berulang kali menanyakan tentang kunjungan tersebut.

Keputusan akhir untuk melakukan perjalanan ke Kyiv baru diambil pada hari Jumat, meski sudah direncanakan berbulan-bulan dengan beberapa pembantu utama presiden.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat mengunjungi Kyiv dan bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Senin (20/2/2023).
Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat mengunjungi Kyiv dan bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Senin (20/2/2023). (Twitter @zelenskiy_official)

Pada hari Minggu (19/2/2023), jadwal resmi Gedung Putih masih menunjukkan presiden berangkat ke Warsawa pada Senin malam pukul 19:00 EST (00:00 GMT).

Faktanya, Air Force One lepas landas pada pukul 04:15 EST pada hari Minggu pagi. Di atas Air Force One tersebut ada tim kecil yang terdiri dari pembantu terdekatnya, tim medis dan petugas keamanan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat