androidvodic.com

Presiden AS Calonkan Eks Bos Mastercard Ajay Banga Jadi Kepala Bank Dunia - News

News - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden menominasikan mantan Presiden dan CEO Mastercard, Ajay Banga menjadi Kepala Bank Dunia, Kamis (23/2/2023) pagi.

Biden mencalonkan Banga sepekan setelah David Malpass mengundurkan diri di tengah kritik keras dari para pendukung iklim.

Malpass mundur dari posisinya akhir Juni 2023, setahun sebelum masa jabatan lima tahunnya berakhir.

Dikutip Forbes, saat ini Banga masih menjabat sebagai Wakil Ketua di General Atlantic.

Dalam pernyataan Kamis, Biden memuji Banga sebagai pemimpin global dalam teknologi, data, dan layanan keungan, dan inovasi untuk inklusi.

Di sisi lain, Biden memiliki pengalaman bekerja dengan Banga selama menjabat sebagai Wakil Presiden AS.

Baca juga: Mastercard Berikan Bantuan untuk Penyintas Gempa Cianjur

(FILES) Dalam foto file ini diambil pada 05 Oktober 2017 Ajay S. Banga, presiden dan kepala eksekutif Mastercard USA, menghadiri KTT Ekonomi India di New Delhi. Presiden AS Joe Biden mengatakan pada 23 Februari 2023 bahwa Washington mencalonkan mantan Kepala Eksekutif Mastercard Ajay Banga untuk memimpin Bank Dunia, setelah ketuanya saat ini David Malpass mengumumkan rencana untuk mundur lebih awal.
(FILES) Dalam foto file ini diambil pada 05 Oktober 2017 Ajay S. Banga, presiden dan kepala eksekutif Mastercard USA, menghadiri KTT Ekonomi India di New Delhi. Presiden AS Joe Biden mengatakan pada 23 Februari 2023 bahwa Washington mencalonkan mantan Kepala Eksekutif Mastercard Ajay Banga untuk memimpin Bank Dunia, setelah ketuanya saat ini David Malpass mengumumkan rencana untuk mundur lebih awal. (Money SHARMA / AFP)

Banga ditunjuk oleh mantan Presiden Barack Obama pada Februari 2015 untuk bertugas di Komite Penasihat untuk Kebijakan Perdagangan dan Negosiasi.

Ia kemudian bertugas di Komisi Pemerintahan Obama untuk Meningkatkan Keamanan Siber Nasional.

Pencalonan yang diumumkan pemerintah Biden merupakan langkah pertama dalam penunjukkan kepala baru Bank Dunia, sebelum Dewan Bank Dunia mengonfirmasi kandidat.

"Ia memiliki rekam jejak yang terbukti dalam mengelola orang dan sistem serta bermitra dengan para pemimpin global di seluruh dunia untuk menunjukkan hasil," ucap Biden, seperti dikutip Guardian.

Komentar Malpass soal perubahan iklim

Dikutip New York Times, Malpass yang diangkat oleh mantan Presiden Donald Trump, mendapat kecaman pada September 2022 setelah menyatakan skeptis ketika ditanya apakah ia menerima perubahan iklim.

"Saya bukan ilmuwan," katanya kala itu.

Baca juga: Perluas Pembayaran di Industri Web3, Mastercard Luncurkan Kartu Debit NFT

Ucapannya mendorong Wakil Presiden AS ke-45 Al Gore melabelinya sebagai "penyangkal iklim".

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat