androidvodic.com

Turki Mulai Rekonstruksi Hunian untuk 1,5 Juta Penduduk Korban Gempa - News

Laporan Wartawan News, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, ISTANBUL – Pemerintah Turki bersiap untuk mulai membangun kembali hunian atau tempat tinggal bagi 1,5 juta penduduk yang terdampak gempa bumi bermagnitudo 7,8 yang mengguncang awal bulan ini.

"Untuk beberapa proyek, tender dan kontrak telah dilakukan. Prosesnya berjalan sangat cepat," kata pejabat Pemerintah Turki.

Sebelumnya, Menteri Urbanisasi Turki Murat Kurum mengatakan 164.000 bangunan dengan lebih dari 530.000 apartemen hancur atau rusak parah akibat gempa.

Baca juga: Menko PMK: Menkes Turki Minta Tambahan Bantuan Vaksin Antitetanus dan Rabies

“Rencana awal pemerintah Turki saat ini adalah membangun 200.000 apartemen dan 70.000 rumah di daerah desa dengan biaya setidaknya 15 miliar dolar AS,” kata Murat Kurum .

Sementara itu, seorang analis di JP Morgan memperkirakan pembangunan kembali rumah dan infrastruktur di Turki akan menelan biaya sekitar 25 miliar dolar AS.

Pemerintah Turki mengatakan pihaknya juga akan memperluas penyelidikan terhadap kontraktor bangunan yang diduga melanggar standar keselamatan pasca runtuhnya sebagian besar bangunan di negara itu.

Adapun Kementerian Dalam Negeri Turki sejauh ini telah mengidentifikasi 564 tersangka, dengan 160 orang secara resmi ditangkap.

Terlepas dari itu, Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD) mengumumkan jumlah korban tewas di Turki akibat gempa bumi naik menjadi 44.218 pada Jumat (24/2/2023) malam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat