androidvodic.com

Sekretaris Jenderal NATO Kunjungi Ukraina Pertama Kali sejak Invasi Rusia - News

News - Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg telah tiba di Kyiv dalam kunjungan mendadak ke Ukraina pada hari ini, Kamis (20/4/2023) pagi.

Jens Stoltenberg terlihat di Lapangan Saint Michael di pusat Kyiv, Ukraina, bersama para tentara.

Ia datang untuk menghormati lokasi memorial tentara Ukraina yang gugur, dikutip dari Al Jazeera.

Jens Stoltenberg juga terlihat memeriksa kendaraan militer Rusia yang rusak, yang dipamerkan di sana.

"Sekarang, ketika mayoritas orang di negara-negara NATO dan mayoritas orang Ukraina mendukung masuknya negara kita ke dalam aliansi, inilah saatnya untuk mengambil keputusan yang tepat," kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam konferensi pers bersama Jens Stoltenberg.

Sekjen NATO itu menanggapi dengan mengatakan, aksesi Ukraina ke NATO akan menjadi agenda utama di KTT NATO berikutnya.

Baca juga: Presiden Zelensky Kunjungi Perbatasan Belarus, Cek Kesiapan Tentara Hadapi Potensi Invasi

"Masa depan Ukraina ada di keluarga Euro-Atlantik, masa depan Ukraina ada di NATO, semua sekutu setuju akan hal itu," kata Jens Stoltenberg.

Jens Stoltenberg telah mengundang Presiden Zelensky untuk mengambil bagian dalam KTT NATO pada Juli 2023.

Ukraina meluncurkan tawaran untuk bergabung dengan NATO, setelah Rusia mengklaim telah mencaplok empat wilayah Ukraina pada September 2022 lalu.

Presiden Zelensky juga meminta Jens Stoltenberg untuk membantu menggalang dukungan untuk pengiriman senjata yang lebih canggih ke Ukraina.

"Saya berbicara kepada Sekretaris Jenderal dengan permintaan untuk membantu kami mengatasi keengganan mitra kami mengenai pengiriman senjata tertentu, yaitu penerbangan modern jarak jauh, artileri, kendaraan lapis baja," kata Presiden Zelensky, dikutip dari DW.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky berbicara pada tentara Ukraina di Oblast Donetsk pada Selasa (18/4/2023). Ia mengunjungi posisi garis depan pasukan Ukraina di kota Avdiivka dan Oblast Poltava.
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky berbicara pada tentara Ukraina di Oblast Donetsk pada Selasa (18/4/2023). Ia mengunjungi posisi garis depan pasukan Ukraina di kota Avdiivka dan Oblast Poltava. (Telegram/Zelensky Official)

Baca juga: Kapal Rusia Mondar-mandir di Laut Utara, Diduga Rencanakan Sabotase

Peran NATO di Perang Rusia-Ukraina

Aliansi NATO telah mendukung Ukraina, dengan sebagian besar negara anggota mengirimkan senjata.

Kunjungan Sekjen NATO itu, hanya dua hari setelah Presiden Rusia Vladimir Putin sendiri pergi ke Kherson dan Lugansk di Ukraina.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat