androidvodic.com

Tiba di Tanah Air, 385 WNI yang Dievakuasi dari Sudan Diinapkan di Asrama Haji Pondok Gede - News

News, JAKARTA - Hari ini, Jumat (28/4/2023) sekitar pukul 05.46 WIB, sebanyak 385 WNI yang dievakuasi dari Sudan dengan Garuda Indonesia GA 991 telah mendarat di Jakarta. 

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan para WNI akan diinapkan sementara di Asrama Haji Pondok Gede sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing.

Hal ini mengingat perjalanan evakuasi sangat panjang dan melelahkan.

"Ini adalah ketibaan tahap pertama di tanah air WNI yang di evakuasi dari 
Sudan melalui Jeddah," kata Retno pada konferensi pers terkait ketibaan WNI evakuasi dari Sudan, Jumat (28/4/2023).

Sebanyak 390 Warga Negara Indonesia (WNI) evakuasi gelombang pertama dari Sudan diberangkatkan ke tanah air dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Kamis (27/4/2023).
Sebanyak 390 Warga Negara Indonesia (WNI) evakuasi gelombang pertama dari Sudan diberangkatkan ke tanah air dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Kamis (27/4/2023). (dok Kemlu RI)

Para WNI yang tiba terdiri dari 248 perempuan dan 137 laki-laki, dan di antara mereka terdapat 43 anak-anak.

Menlu RI berujar Kemenko PMK dan K/L terkait telah menyiapkan layanan mulai pemeriksaan kesehatan hingga layanan konseling. 

Sedangkan Kementerian Sosial, Kementerian Dalam Negeri dan Pemda terkait akan memfasilitasi kepulangan ke daerah masing-masing.

"Evakuasi kita kali ini dilakukan dengan menggunakan pola evakuasi secara estafet, dimulai evakuasi jalan darat dari Khartoum ke Port Sudan. Kemudian dari Port Sudan ke Jeddah baik via laut maupun via udara, dan selanjutnya dipulangkan secara bertahap ke Indonesia," kata Retno.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat