androidvodic.com

Pemerintah Siapkan Tiga Skenario Pemulangan WNI dari Sudan ke Daerah Asal - News

News, JAKARTA - Pemerintah telah melakukan pemulangan terhadap warga negara Indonesia dari Sudan yang mengalami konflik bersenjata.

Selanjutnya Pemerintah bakal memulangkan mereka ke daerah asalnya masing-masing.

Asisten Deputi Kedaruratan Bencana dan Manajemen Pasca Bencana Kemenko PMK, Nelwan Harahap, mengungkapkan Pemerintah telah menyiapkan tiga skenario pemulangan tersebut.

"Yang pertama kita melakukan asesmen dari mereka yang ingin melakukan pemulangan sendiri, mandiri, namun dalam hal ini nanti kami tetap nanti minta kontak dari keluarganya atau identitas penjemputnya sebagai jaminan bagi kita bahwa yang bersangkutan bisa selamat dan sampai di tujuan," ujar Nelwan melalui keterangan tertulis, Sabtu (29/4/2023).

Selain itu, Nelwan mengatakan para WNI juga bisa pulang dengan menunggu jemputan dari Pemda setempat.

Dia menuturkan ada 5 Pemda yang sudah terdata akan menjemput warganya dari Asrama Haji yakni Pemprov Aceh, Jawa Timur, Lampung, Riau, dan Bengkulu.

"Nah skenario kedua kami juga sudah melalui Kemendagri yang sudah mengirimkan kawan kepada pemerintah daerah asal mereka nanti akan dituju untuk pemulangan untuk minta dukungan nanti pemulangan ke daerah asal masing-masing," kata Nelwan.

Nelwan mengatakan pihaknya juga memfasilitasi para WNI yang tak bisa pulang secara mandiri maupun tidak dijemput oleh pemda setempat.

Dia menyebutkan para WNI itu bisa pulang ke daerah asal melalui fasilitas yang telah disediakan.

Baca juga: Konflik Sudan Ancam Pasokan Bahan Baku Minuman Bersoda hingga Kosmetik

"Skenario ketiga jika misalnya nanti tidak ada kemampuan mereka untuk pulang mandiri dan pemerintah daerah juga tidak ada konfirmasi untuk menjemputnya, kami juga sudah berkoordinasi dengan rekan-rekan lembaga kemanusiaan nanti kami akan fasilitasi untuk memulangkan mereka sampai ke daerah asal masing-masing dengan selamat," jelas Nelwan.

Seperti diketahui, Pemerintah telah melakukan evakuasi terhadap WNI dari Sudan.

Sebanyak 385 WNI telah tiba di Jakarta pada Jum'at (28/4/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat