androidvodic.com

Potensi Terjadi Krisis Kemanusiaan, PBB Kirim Utusan Darurat ke Sudan - News

News, KHARTOUM -Koordinator bantuan darurat Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Martin Griffiths telah ditunjuk untuk memimpin upaya badan internasional tersebut dalam menengahi krisis di Sudan.

Kekerasan antara faksi militer yang bersaing di negara Afrika timur itu kini telah memasuki minggu ketiga, bahkan saat gencatan senjata diperpanjang pada hari Minggu selama 72 jam lagi.

"Saya sedang dalam perjalanan ke wilayah tersebut untuk mengeksplorasi bagaimana kami dapat memberikan bantuan segera kepada jutaan orang yang 'hidupnya terbalik' dalam semalam," kata Griffiths pada hari Minggu malam.

Pernyataam tersebut disampaikannya setelah Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyebutnya sebagai utusan khusus.

"Skala dan kecepatan krisis saat ini, belum pernah terjadi sebelumnya di Sudan," kata Juru bicara Guterres, Stephane Dujarric dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan penempatan 'segera' Griffiths.

Dikutip dari laman Russia Today, Selasa (2/5/2023), sekitar 500 warga sipil diperkirakan telah kehilangan nyawa mereka sejak konflik pecah di negara yang bergolak secara politik pada 15 April lalu itu.

Konflik ini berlangsung antara pasukan Angkatan Bersenjata Sudan yang dikendalikan oleh Abdel Fattah al-Burhan dan mereka yang dikendalikan oleh Mohamed Hamdan Daglo atau dikenal sebagai Hemedti yang merupakan Komandan paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF).

Asap tebal mengepul di atas gedung-gedung di sekitar bandara Khartoum pada 15 April 2023, di tengah bentrokan di ibu kota Sudan. - Ledakan mengguncang ibu kota Sudan pada 15 April ketika paramiliter dan tentara reguler saling menyerang pangkalan satu sama lain, beberapa hari setelah tentara memperingatkan negara itu berada pada titik balik yang
Asap tebal mengepul di atas gedung-gedung di sekitar bandara Khartoum pada 15 April 2023, di tengah bentrokan di ibu kota Sudan. - Ledakan mengguncang ibu kota Sudan pada 15 April ketika paramiliter dan tentara reguler saling menyerang pangkalan satu sama lain, beberapa hari setelah tentara memperingatkan negara itu berada pada titik balik yang "berbahaya". (Photo by AFP) (AFP/-)

Pada hari Minggu kemarin, kedua belah pihak sepakat untuk memperpanjang gencatan senjata kemanusiaan selama 72 jam lagi.

Namun dua kelompok ini saling tuduh melakukan pelanggaran dan mempertahankan hak untuk merespons jika terjadi 'pelanggaran'.

Tidak ada satupun dari gencatan senjata sebelumnya yang bertahan secara kuat, karena kekerasan berlanjut di Khartoum, ibu kota negara itu yang telah melaporkan pemadaman listrik yang meluas, serta kekurangan makanan dan air.

Sementara itu, mantan Perdana Menteri (PM) Sudan Abdalla Hamdok memperingatkan pada Sabtu lalu bahwa konflik bersenjata yang memburuk dapat memicu perang saudara besar-besaran.

"Ini akan menjadi 'mimpi buruk bagi dunia', Tuhan membenci jika Sudan mencapai titik perang saudara," kata Hamdok, dalam sebuah acara di Nairobi, Kenya.

Ia menilai bahwa perang saudara di Suriah, Yaman dan Libya hanya akan menjadi 'permainan kecil' jika dibandingkan dengan apa yang dirinya khawatirkan akan pecah di Sudan.

Sumber: https://www.rt.com/africa/575593-sudan-un-special-envoy/

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat