androidvodic.com

Deklarasi Jeddah, Militer Sudan dan RSF Setuju Lindungi Relawan Kemanusiaan dan Warga Sipil - News

News - Angkatan Bersenjata Sudan (SAF) dan Pasukan Dukungan Cepat (RSF) menandatangani deklarasi Jeddah di Arab Saudi pada hari ini, Jumat (12/5/2023).

Deklarasi Jeddah ini berjudul 'Deklarasi Komitmen Jeddah untuk Melindungi Warga Sipil Sudan'.

Dengan ini, SAF dan RSF untuk melindungi relawan kemanusiaan dan warga sipil Sudan.

Deklarasi Jeddah menegaskan kembali kewajiban inti SAF dan RSF di bawah Hukum Humaniter Internasional untuk memfasilitasi aksi kemanusiaan guna memenuhi kebutuhan warga sipil.

“Kami menegaskan komitmen kami yang tak tergoyahkan terhadap kedaulatan Sudan dan untuk menjaga persatuan dan integritas wilayahnya,” bunyi Deklarasi Jeddah, dikutip dari Saudi Gazette.

SAF dan RSF menyambut baik upaya yang dilakukan oleh Arab Saudi dan para relawan kemanusiaan untuk Sudan.

Baca juga: Update Perang Saudara di Sudan Hari ke-27: Hewan di Kebun Binatang Khartoum Dikhawatirkan Mati

Arab Saudi menggunakan hubungan dan jasa baik mereka untuk memastikan penghormatan terhadap Hukum Humaniter Internasional dan hukum hak asasi manusia internasional di Sudan.

SAF dan RSF kini berkomitmen pada Deklarasi ini dan segera menerapkannya.

“Kami setuju bahwa kepentingan dan kesejahteraan rakyat Sudan adalah prioritas utama kami dan menegaskan komitmen kami untuk memastikan warga sipil dilindungi setiap saat," bunyi deklarasi itu, dikutip dari laman Kementerian Luar Negeri Arab Saudi.

"Ini termasuk mengizinkan perjalanan yang aman bagi warga sipil untuk meninggalkan daerah permusuhan aktif secara sukarela, ke arah yang mereka pilih,” lanjutnya.

Dengan ini, SAF dan RSF berkomitmen untuk melakukan semua upaya demi memastikan komitmen ini—dan semua kewajiban Hukum Humaniter Internasional—sepenuhnya disebarluaskan dalam jajaran mereka.

Warga Sudan menyapa tentara, yang setia kepada panglima militer Abdel Fattah al-Burhan, di kota Laut Merah Port Sudan pada 16 April 2023.
Warga Sudan menyapa tentara, yang setia kepada panglima militer Abdel Fattah al-Burhan, di kota Laut Merah Port Sudan pada 16 April 2023. (AFP)

Baca juga: Perwakilan Angkatan Bersenjata Sudan & RSF Tiba di Arab Saudi Bahas Gencatan Senjata

Gencatan Senjata Singkat untuk Aksi Kemanusiaan di Sudan

Deklarasi Jeddah juga memuat komitmen SAF dan RSF untuk melakukan gencatan senjata pendek untuk memungkinkan aksi kemanusiaan di Sudan.

SAF dan RSF akan menunjuk focal point untuk terlibat dengan aktor kemanusiaan untuk memfasilitasi kegiatan mereka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat