androidvodic.com

Dari Italia dan Temui Paus Francis, Presiden Ukraina Kunjungi Jerman untuk Bicarakan Pasokan Senjata - News

News - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tiba di Berlin pada Minggu (14/5/2023) pagi untuk melakukan pembicaraan lanjutan dengan para pemimpin Jerman mengenai pengiriman senjata.

Dilansir expressandstar.com, jet Luftwaffe menerbangkan Zelensky ke ibu kota Jerman dari Roma.

Sebelumnya pada hari Sabtu, Zelensky bertemu dengan dengan Paus Francis dan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni.

“Sudah di Berlin. Senjata. Paket yang kuat. Pertahanan Udara. Rekonstruksi. UE. NATO. Keamanan,” cuit Zelensky pada hari Minggu, merujuk pada prioritas utama perjalanannya.

Sebelum kedatangan Zelensky, pemerintah Jerman mengumumkan paket baru bantuan militer untuk Ukraina senilai lebih dari 2,7 miliar euro.

Tank, sistem antipesawat, dan amunisi termasuk dalam paket bantuan tersebut.

Baca juga: Serangan Balik Terhadap Rusia Telah Dimulai? Ukraina Buat Kemajuan di Sekitar Bakhmut

Meski sempat ragu untuk memberikan senjata mematikan untuk Ukraina, Jerman kini menjadi salah satu pemasok senjata terbesar ke negara tersbut.

Jerman telah memberikan tank tempur Leopard 1 dan 2, serta sistem pertahanan udara IRIS-T SLM yang canggih.

Perangkat keras Barat modern dianggap penting jika Ukraina ingin berhasil dalam serangan balasan yang direncanakan terhadap pasukan Rusia.

Setelah bertemu dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz dan pejabat senior lainnya, Zelensky diagendakan terbang ke Aachen, kota di Jeman dekat dengan perbatasan Belgia dan Belanda.

Nantinya, Zelensky akan menerima Penghargaan Charlemagne Internasional untuknya dan juga rakyat Ukraina.

Penyelenggara mengatakan penghargaan itu mengakui bahwa perlawanan rakyat Ukraina terhadap invasi Rusia merupakan "bentuk pertahanan tidak hanya kedaulatan negara dan kehidupan warganya, tetapi juga Eropa dan nilai-nilai Eropa".

Paus Francis Berdoa untuk Perdamaian

Foto ini diambil dan dikeluarka pada 13 Mei 2023 oleh Media Vatikan menunjukkan Paus Francis menyapa Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada saat kedatangannya untuk audiensi pribadi di Vatikan.
Foto ini diambil dan dikeluarka pada 13 Mei 2023 oleh Media Vatikan menunjukkan Paus Francis menyapa Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada saat kedatangannya untuk audiensi pribadi di Vatikan. (HANDOUT / VATICAN MEDIA / AFP)

Baca juga: Zelensky Temui Paus Fransiskus, Minta Doa Kemenangan Ukraina dan Hadiahi Rompi Antipeluru

Sebelum terbang ke Jerman, Zelensky menemui Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni yang meyakinkannya tentang dukungan Roma untuk Ukraina, Sabtu (13/5/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat