androidvodic.com

20 Maskapai Masuk Nominasi 'World's Best Low Cost Airlines 2023' Versi Skytrax, Ini Daftarnya - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, PARIS - Skytrax World Airline Awards 2023 kembali menobatkan AirAsia sebagai Maskapai Berbiaya Hemat Terbaik Dunia atau World's Best Low Cost Airline untuk kali ke-14 secara berturut-turut.

Sedangkan maskapai biaya hemat asal Irlandia Ryanair menempati posisi 13 dan maskapai asal Australia Jetstar Airways berada di urutan 14.

Tepat di bawah AirAsia terdapat maskapai asal Singapura Scoot dan maskapai India IndiGo, masing-masing menempati posisi 2 dan 3.

Ajang penghargaan ini merupakan tolak ukur global untuk menilai kualitas dan keunggulan maskapai di dunia.

Baca juga: 4 Maskapai Tawarkan Tiket Pesawat Murah Jogja-Singapura, Terbang dari Bandara YIA Mulai Rp 500 Ribu

Skytrax World Airline Awards 2023 digelar bersamaan dengan Paris Air Show yang diadakan di Le Bourget Parc des Expositions di Paris, Prancis mulai 19 hingga 25 Juni 2023.

Dikutip dari laman www.thestar.com.my, Rabu (28/6/2023), CEO Capital A Tony Fernandes mengatakan bahwa pencapaian ini merupakan prestasi luar biasa bagi perusahaan apapun di industri manapun, terlebih lagi untuk merek Asean, terutama setelah pandemi virus corona (Covid-19) yang belum pernah terjadi sebelumnya yang berdampak parah pada industri penerbangan.

"Ini adalah bukti kuat atas pemulihan maskapai dan pertumbuhan yang kuat dalam rute serta penumpang yang diangkut, juga komitmen yang tak tergoyahkan untuk berinovasi dan memberikan layanan yang luar biasa meskipun ada tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi global," kata Fernandes, di Paris Air Show, Selasa lalu.

Ia menyampaikan bahwa maskapainya akan selalu menegaskan kembali komitmennya untuk unggul dalam pengalaman para penggunanya, satu di antaranya melalui penggunaan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

"Dengan berbagai peningkatan kecerdasan buatan untuk chatbotnya, AskBo, di samping peluncuran teknologi pengenalan wajah biometriknya sendiri, FACES yang akan membuat terbang dan terhubung dengan maskapai menjadi lebih efisien dan mulus dari sebelumnya," jelas Fernandes.

Terkait Sky Awards Celebration 14-Time in A Row, ada tawaran menarik untuk terbang ke luar negeri dengan rute Yogyakarta-Singapura, Jakarta-Singapura, Jakarta-Bangkok serta Bali-Perth untuk reservasi pada 21 hingga 25 Juni 2023 dengan periode penerbangan 1 September 2023 hingga 8 Oktober 2024.

Baca juga: Bandara Jenderal Besar Soedirman Jadi Feeder Umrah, Angkasa Pura II Siapkan Insentif Maskapai

Sementara itu, CEO Skytrax Edward Plaisted mengatakan bahwa pengakuan dari penumpang harus menjadi sumber kebanggaan bagi manajemen dan staf maskapai penerbangan yang mengalami masa sulit seiring dengan kembalinya industri perjalanan setelah pandemi Covid-19.

"Maskapai ini favorit penumpang yang mengikuti survei dan telah memberikan tingkat konsistensi luar biasa dari tahun ke tahun, sejak kategori Maskapai Berbiaya Hemat Terbaik Dunia diperkenalkan pada ajang penghargaan ini pada 2010," kata Plaisted.

AirAsia kembali menghadirkan program deals Unlimited Pass yang kini bernama Asean Unlimited
AirAsia kembali menghadirkan program deals Unlimited Pass yang kini bernama Asean Unlimited (ist)

Berikut 20 maskapai berbiaya hemat dunia yang masuk dalam nominasi World's Best Low Cost Airlines 2023, meliputi:

1. AirAsia
2. Scoot
3. IndiGo
4. Flynas
5. Volotea
6. Transavia France
7. Sun Country Airlines

Baca juga: Dari Malaysia ke Irlandia, Ini Maskapai Low Cost yang Menangkan Skytrax World Airline Awards 2022

8. Southwest Airlines
9. airBaltic
10. Jet2.com
11. EasyJet
12.Vueling Airlines
13. Ryanair
14. Jetstar Airways
15. flyDubai
16. Peach
17. JetSMART Airlines
18. Jetstar Asia
19. Eurowings
20. SKY Airline

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat