androidvodic.com

Pendiri Google Rusia Akhirnya Berani Kutuk Invasi Rusia ke Ukraina, Sebut Aksi Biadab - News

Pendiri Google Rusia Akhirnya Berani Kutuk Invasi Rusia ke Ukraina, Sebut Aksi Biadab

News - Arkady Volozh, satu di antara pendiri perusahaan raksasa teknologi Rusia, Yandex, mengutuk invasi Kremlin ke Ukraina.

Pernyataan itu Volozh lontarkan pada Kamis (10/8/2023) menyusul reaksi keras atas upayanya menjauhkan diri dari Rusia di situs pribadinya.

"Saya secara tegas menentang invasi biadab Rusia ke Ukraina," kata Volozh dalam pernyataan yang dibagikan dengan situs berita The Bell.

Baca juga: Teknologi Amerika di Balik Bom-Bom Rusia ke Ukraina, Calo Samaran Jadi Broker Senjata

Volozh menambahkan, dia merasa ngeri dengan fakta bahwa rumah orang Ukraina dibom setiap hari."

“Saya mengerti bahwa saya juga berbagi tanggung jawab atas tindakan negara (Rusia),” kata Volozh.

Volozh, 59, menuai kritik minggu ini setelah dia menuliskan data dirinya sebagai "pengusaha teknologi Israel kelahiran Kazakhstan" yang "telah tinggal di Israel" sejak 2015 di situs pribadinya.

Dia mengumumkan pengunduran dirinya dari Yandex pada Juni 2022, tak lama setelah menjadi sasaran sanksi Uni Eropa sebagai tanggapan atas peran Yandex dalam mempromosikan media dan narasi Rusia dalam hasil pencariannya.

Yandezx juga menghapus konten yang terkait dengan perang agresi Rusia melawan Ukraina.

Berjuluk Google Rusia

Sering dijuluki "Google Rusia", Yandex adalah mesin pencari terbesar Rusia dan juga mencakup e-commerce, taksi, pengiriman makanan cepat saji, dan layanan lainnya.

Menyusul invasi ke Ukraina, Yandex menghadapi tuduhan 'menenggelamkan; sumber berita independen dalam hasil pencariannya.

Hal itu merujuk kebijakan Kremlin membatasi informasi yang berkaitan dengan perang yang bertentangan dengan narasinya sendiri.

Perusahaan itu dipecah menjadi dua entitas — sebuah perusahaan yang mengawasi operasi di Rusia dan perusahaan kedua, berorientasi Barat, berbasis di Amsterdam — terkena sanksi Barat.

Arkady Volozh, pendiri Yandex
Arkady Volozh, pendiri Yandex.

Volozh merupakan pengusaha Rusia terkemuka keempat yang berbicara menentang perang Kremlin, setelah taipan perbankan yang berbasis di Inggris, Mikhail Fridman, Petr Aven, dan Oleg Tinkov.

Pernyataannya datang hampir satu setengah tahun setelah perang.

“Yah, apa yang membuatmu begitu lama? Saya kira Anda harus menyelesaikan beberapa urusan,” kata seorang pejabat lama Kremlin kepada The Moscow Times tanpa menyebut nama.

“Volozh sudah lama berusaha untuk licik, khususnya berusaha untuk tidak mendengarkan keinginan kami terkait hasil mesin pencari. Tidak masalah, kami selalu berhasil meyakinkannya, ” kata pejabat itu.

Dalam pernyataannya Kamis, Volozh mengatakan, "Ada banyak alasan mengapa saya harus diam."

“Anda bisa berdebat tentang garis waktu pernyataan saya, tetapi bukan tentang substansinya. Saya menentang perang,” kata Volozh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat