androidvodic.com

Rusia Beri Tembakan Peringatan ke Kapal Kargo yang Menuju Ukraina di Laut Hitam - News

News - Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan satu kapal patroli mereka, Vasily Bykov, melepaskan tembakan peringatan kepada kapal kargo di Laut Hitam, Minggu (13/8/2023).

Rusia mengklaim, kapal kargo itu bergerak menuju pelabuhan Ukraina di Laut Hitam.

“Kapal perang Rusia melepaskan tembakan peringatan dari tembakan senjata kecil otomatis untuk menghentikan kapal secara paksa,” kata pernyataan itu.

Disebutkan, kapal kargo berbendera Palau itu gagal menanggapi permintaan berhenti untuk pemeriksaan sehingga dipaksa berhenti dengan tembakan peringatan.

Kapal bernama Sukra Okan itu sedang menuju ke pelabuhan Ukraina Izmail.

“Untuk memeriksa kapal kargo curah, sebuah helikopter Ka-29 dengan sekelompok tentara Rusia diangkat dari kapal patroli Vasily Bykov,” kata Kementerian Pertahanan Rusia, Minggu (13/8/2023), seperti diberitakan DW.

Baca juga: Jepang dan AS Sepakat Kembangkan Pencegat Rudal Hipersonik Bikinan China dan Rusia

“Menyusul percakapan radio, kapal berhenti dari jalurnya dan tim penumpang mendarat di kapal kargo curah,” kata pernyataan itu.

Setelah diperiksa, kapal itu kemudian melanjutkan perjalanannya menuju pelabuhan Izmail di Laut Hitam.

"Setelah kelompok inspeksi menyelesaikan pekerjaannya di atas kapal, Sukru Okan melanjutkan perjalanannya ke pelabuhan Izmail," kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Kementerian mengatakan kapal kargo sedang menuju pelabuhan Izmail Ukraina tetapi data pengiriman Refinitiv menunjukkan tujuan kapal kargo adalah pelabuhan Sulina Rumania yang dekat dengan Izmail.

Ketegangan di Laut Hitam

(FILES) Kapal MV Brave Commander pertama yang disewa PBB memuat lebih dari 23.000 ton biji-bijian untuk diekspor ke Ethiopia, di Yuzhne, sebelah timur Odessa di pantai Laut Hitam, pada 14 Agustus 2022. Ketua Uni Eropa Ursula von der Leyen mengecam tindakan Rusia mengumumkan keluar pada 17 Juli 2023 dari kesepakatan ekspor biji-bijian Ukraina dan mencap langkah itu
(FILES) Kapal MV Brave Commander pertama yang disewa PBB memuat lebih dari 23.000 ton biji-bijian untuk diekspor ke Ethiopia, di Yuzhne, sebelah timur Odessa di pantai Laut Hitam, pada 14 Agustus 2022. (OLEKSANDR GIMANOV / AFP)

Baca juga: Serangan Udara Rusia di Kherson Tewaskan 7 Warga Ukraina, Termasuk Bayi 23 Hari

Rusia menarik diri dari kesepakatan dengan Ukraina, yang ditengahi oleh PBB dan Turki pada Juli 2023.

Ini adalah pertama kalinya Rusia menembaki kapal dagang di luar Ukraina.

Sebelumnya, Rusia memperingatkan setiap kapal yang menuju ke Ukraina melalui Laut Hitam akan dianggap berpotensi membawa senjata, seperti diberitakan CNN Internasional.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat