androidvodic.com

Ada yang Aneh dari Suara Vladimir Putin Saat Pidato di KTT BRICS 2023, Pakai Suara Palsu? - News

Ada yang Aneh dari Suara Vladimir Putin Saat Pidato di KTT BRICS, Pakai Suara Palsu?

News - Presiden Rusia Vladimir Putin ikut menyampaikan pidatonya di Konfrensi Tingkat Tinggi negara-negara BRICS (Brasil, Rusia, India, Tiongkok dan Afrika Selatan) di Johannesburg, Afrika Selatan, pada Selasa, (22/8/2023).

Namun, suara Putin pada momen tersebut menjadi sorotan para jurnalis yang meliput KTT.

Suara Vladimir Putin terdengar aneh dan berbeda dari biasanya, jauh lebih pelan dari yang lazim didengar dari dia.

Baca juga: Taktik Ukraina Bikin Vladimir Putin Kaget: Tentara Diumpankan ke Ranjau Buat Dibombardir Artileri

Para jurnalis di Kremlin menerbitkan cuplikan pidato Putin yang direkam sebelumnya dan  berdurasi 32 detik, melaporkan di Telegram bahwa suara Putin telah diubah. Dalam video tersebut, suara presiden Rusia terdengar 

Vladimir Putin menghadiri pertemuan puncak diplomatik tersebut secara virtual di tengah meningkatnya spekulasi soal apakah dia akan ditangkap jika ia ikut serta secara langsung.

Afrika Selatan selaku tuan rumah diwajibkan untuk melaksanakan surat perintah penangkapan pada bulan Maret dari Pengadilan Kriminal Internasional (ICC).

Sergei Lavrov, menteri luar negeri Rusia, hadir langsung menggantikan Putin ke acara tersebut.

Surat perintah penangkapan Presiden Rusia oleh ICC itu berdasarkan tuduhan deportasi ilegal anak-anak dari Ukraina ke Rusia.

Semua negara bagian ICC—termasuk Afrika Selatan—secara hukum diwajibkan untuk menangkap Putin jika dia menginjakkan kaki di wilayah mereka, demikian catatan Pusat Analisis Kebijakan Eropa.

Rusia mengatakan bahwa surat perintah penangkapan ICC, yang dikeluarkan pada 17 Maret, tidak sah secara hukum karena mereka bukan negara anggota.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidatonya secara virtual pada KTT BRICS 2023
Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidatonya secara virtual pada KTT BRICS 2023 di Sandton Convention Center di Johannesburg, Afrika Selatan, pada 22 Agustus 2023. Para jurnalis dengan cepat mengatakan bahwa suaranya terdengar berbeda.

Suara Putin Lebih Pelan, Ada Dugaan Pakai Suara Orang Lain

Terlepas dari polemik tersebut, faktanya Putin tidak hadir secara langsung dan hanya berbicara lewat rekaman video berdurasi 17 menit 32 detik.

Tidak jelas mengapa suara Putin terdengar berubah saat pertemuan puncak pada Selasa tersebut.

Pihak Kremlin telah mempublikasikan alamat video tersebut di situs webnya, dan versi tersebut mencerminkan suara normal Putin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat