androidvodic.com

3,3 Juta Pengungsi Ukraina 'Ogah' Balik ke Kampung Halaman, Ini Sebabnya - News

News -- Sebanyak 3,3 juta warga Ukraina yang mengungsi ke luar negeri tidak mau lagi pulang ke kampung halaman mereka.

Negara yang tercabik perang setelah Rusia menginvasi negeri tersebut terus ditinggalkan oleh warganya ke negara-negara tetangga.

Dilaporkan oleh Bloomberg, keengganan warga Ukraina balik ke pangkuan ibu pertiwi karena tak ada lagi tempat untuk menjalani kehidupan.

Baca juga: Gadis Pengungsi Ukraina Meninggal setelah Ditemukan Tak Sadarkan Diri di Pantai Devon Inggris

Selain itu, sekarang mereka telah beradaptasi dengan kondisi di pengungsian.

Dikutip dari Pusat Strategi Ekonomi di Kyiv, kondisi tempat tinggal yang sudah hancur dan tak adanya lapangan kerja menjadi penyebab utama mereka ogah kembali ke Ukraina.

Lembaga itu menyebutkan, arus keluar penduduk akan berdampak serius terhadap PDB negara tersebut.

— Menurut Pusat Strategi Ekonomi di Kyiv, 3,3 juta warga Ukraina mungkin tetap berada di luar negeri
— Di masa depan, PDB Ukraina mungkin turun hingga 6,9 persen per tahun

Sebanyak 3,3 juta pengungsi Ukraina – atau hampir 8% dari total populasi negara tersebut – mungkin tidak dapat pulang ke negaranya, demikian temuan studi tersebut.

Menariknya, sejak Desember tahun lalu perkiraan ini telah meningkat sebanyak 600 ribu, menurut laporan dari Pusat Strategi Ekonomi yang diterbitkan pada hari Senin.

Lembaga pemikir di Kiev mengaitkan peningkatan tersebut dengan durasi konflik, yang kini telah berlangsung selama satu setengah tahun, serangan Rusia terhadap infrastruktur energi Ukraina, dan meningkatnya adaptasi terhadap kehidupan di luar negeri.

Semakin lama konflik berlangsung, semakin banyak pengungsi Ukraina yang akan tinggal di luar negeri selamanya. Pusat Strategi Ekonomi menyebutkan jumlah totalnya mencapai 6,7 juta.

Pada saat yang sama, semakin banyak perempuan Ukraina, yang merupakan mayoritas pencari suaka, akan mencari prospek yang lebih baik untuk anak-anak mereka, menurut para ilmuwan.

Baca juga: Rumania Berencana Pangkas Bantuan Keuangan untuk Pengungsi Ukraina yang Menganggur

“Orang-orang yang melarikan diri dari zona perang mungkin tidak punya tempat untuk kembali,” kata studi tersebut.
“Oleh karena itu, kepulangan mereka akan bergantung pada seberapa cepat wilayah asal mereka pulih – dan apakah mereka menerima dukungan ketika pindah ke wilayah lain di negara ini.”

Kemungkinan hilangnya jutaan warga merupakan ancaman serius terhadap rencana jangka panjang Ukraina untuk membangun kembali negaranya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat