androidvodic.com

Kementerian Pertahanan Rusia Hapus Nama Surovikin, Penyidikan Kasus Pemberontakan Wagner Tuntas - News

Kementerian Pertahanan Rusia Hapus Nama Surovikin, Penyidikan Kasus Pemberontakan Wagner Tuntas

News - Kementerian Pertahanan Rusia dilaporkan sudah menghapus biografi Jenderal Sergei Surovikin dari situsnya.

Kabar ini muncul di tengah laporan pemecatan sang jenderal pasca-pemberontakan Yevegny Prigozhin yang gagal pada akhir Juni silam.

Surovikin telah lama dianggap sebagai perantara utama antara kelompok tentara bayaran Wagner dan Kementerian Pertahanan Rusia.

Baca juga: Misteriusnya Putri Vladimir Putin Si Calon S3 Kedokteran, Jurnal Akademik Vorontsova Muncul di Barat

Sebaga informasi Surovikin sudah menjabat sebagai kepala Pasukan Dirgantara (angkatan Udara) Rusia sejak 2017.

Penghapusan biografi Surovikin dan tewasnya Yevgeny Prigozhin, dinilai sebagai tanda selesainya penyidikan soal pemberontakan Wagner.

Para pelaku yang dianggap terlibat, dinilai sudah mendapatkan 'hukuman' masing-masing, termasuk Prigozhin yang sudah dimakamkan pekan lalu.

"Jenderal yang dipecat itu tampaknya “mengambil jalannya sendiri” setelah penyelidikan internal atas dugaan keterlibatannya dalam pemberontakan Wagner yang gagal, baru-baru ini diselesaikan," kata sumber anonim yang dekat dengan Kementerian Pertahanan kepada The Moscow Times pekan ini.

Para jurnalis mengetahui hilangnya profil Surovikin dari situs Kementerian Pertahanan pada Rabu (5/9/2023), dua minggu setelah media pemerintah melaporkan bahwa Presiden Vladimir Putin memecat jenderal tersebut sebagai kepala Angkatan Udara Rusia.

Beberapa jam setelah laporan pada 23 Agustus itu, pesawat pribadi Prigozhin jatuh di wilayah Tver, Rusia barat laut.

Pihak berwenang mengkonfirmasi kematian Prigozhin dalam kecelakaan itu beberapa hari kemudian dan dia dimakamkan minggu lalu.

Jenderal Sergei Surovikin dan istrinya
Jenderal Sergei Surovikin dan istrinya (Telegram/bloodysx)

Belakangan, sebuah foto Surovikin dalam pakaian sipil muncul secara online pada Selasa, lebih dari dua bulan setelah pemberontakan Prigozhin pada tanggal 23-24 Juni.

Sumber anonim yang dekat dengan Kementerian Pertahanan kemudian mengatakan kepada The New York Times bahwa Surovikin dibebaskan beberapa hari setelah pesawat Prigozhin jatuh.

Meskipun biografinya telah dihapus, video Surovikin yang mendesak para pejuang Wagner untuk mundur selama perjalanan mereka menuju Moskow masih dapat diakses di situs web Kementerian Pertahanan.

Arsip biografi versi Surovikin menyebutkan bahwa Putin telah mengangkatnya menjadi jenderal angkatan darat pada 16 Agustus 2021.

Kementerian Pertahanan dan Kremlin menolak menjawab pertanyaan tentang keberadaan Surovikin.

(oln/*/TMT)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat