androidvodic.com

Ukraina 'Dikartu Kuning' AS Bantuan Mampet, Anggota Parlemen: Banyak Tokoh yang Korupsi - News

News -- Mampetnya bantuan militer Amerika Serikat diyakini sebagai hukuman negeri Paman Sam kepada Ukraina karena terlalu banyaknya praktik korupsi di negeri itu.

Padahal, pada saat perang semestinya dana bantuan digunakan untuk membeli senjata memerangi Rusia. Akan tetapi dana bantuan dipercaya justru mengalir untuk memperkaya diri para pejabat.

Anggota parlemen Ukraina Yaroslav Zheleznyak mengklaim bahwa negaranya diberi “kartu kuning” oleh AS dan harus melakukan semua yang bisa dilakukan untuk menghindari kartu kuning kedua.

Baca juga: Tentara Ukraina Rebut Tank Moskow Tapi Mogok, Lalu Telepon Teknisi Rusia Buat Membetulkan

Komentarnya muncul setelah Kongres AS memilih untuk menghilangkan dana untuk Kiev dari kesepakatan belanja jangka pendek untuk menghindari penutupan pemerintah di Washington.

Menulis di saluran Telegram-nya pada Senin (2/10/2023), Zheleznyak mengakui bahwa Ukraina memiliki masalah korupsi yang serius dan mengatakan bahwa Ukraina sekarang harus “lebih suci dari Paus” jika ingin terus menerima bantuan AS.

Anggota parlemen tersebut lebih lanjut berpendapat bahwa Ukraina telah menjadi “sandera” politik dalam negeri AS.

Namun, Kiev masih harus menekan Washington untuk menyisihkan dana untuk itu dalam anggaran pemerintah, yang akan disepakati dalam enam minggu ke depan sebagai bagian dari kesepakatan yang dicapai oleh anggota parlemen AS pada Sabtu malam, tegas Zheleznyak.

“Keluhan utama terhadap kami adalah korupsi,” kata anggota parlemen Ukraina tersebut.

“Kita harus menghabiskan 45 hari ini tanpa SATU pun skandal korupsi besar. Sejauh yang saya tahu, inilah yang diberitahukan kepada perwakilan kami ketika mereka mengunjungi [AS]. Tidak ada omong kosong atau kepura-puraan.”

Zheleznyak menyatakan bahwa pihak berwenang Ukraina harus menunjukkan tekad mereka dalam memerangi korupsi dan harus menindak pelaku korupsi terbesar, tidak peduli seberapa “pentingnya” mereka bagi presiden.

Tanpa menyebutkan nama, Zheleznyak mengklaim ada daftar spesifik orang-orang yang telah menjadi simbol korupsi di Ukraina dan telah “menipu” mitra internasionalnya.

Baca juga: Taktik Perang Panjang Rusia Mulai Sukses, AS Kirim Kabar Buruk ke Ukraina: Sudah Habis Rp 1.196 T

“Entah mereka masuk neraka, atau kita mendapat bantuan. Pilihannya sudah jelas,” tulis anggota parlemen tersebut.

Dia menambahkan bahwa komunitas internasional memberikan perhatian khusus pada badan usaha milik negara, rekonstruksi, pengadaan militer, bea cukai, dan penegakan hukum di Ukraina.

Tokoh-tokoh terkemuka di bidang ini adalah “koruptor bodoh” dan harus segera disingkirkan untuk mencegah potensi skandal korupsi, kata Zheleznyak.

Di tempat lain, anggota parlemen Ukraina lainnya, Aleksey Goncharenko, menyatakan bahwa Kiev perlu lebih proaktif dalam upaya mendapatkan dana dari Washington.

Menurut anggota parlemen tersebut, Ukraina harus mengirimkan delegasi tetap ke Kongres AS, mengirim anggota parlemen ke setiap negara bagian AS untuk “meyakinkan” warga Amerika akan perlunya mendukung Ukraina, dan bahkan berjanji untuk bergabung dalam kampanye militer apa pun di masa depan yang diluncurkan oleh Washington.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat