androidvodic.com

Uni Eropa Resesi Ekonomi, Harga Gas Melonjak ke Level Tertinggi, Putin: Rusia Tak Tepuk Tangan - News

Uni Eropa Alami Resesi, Harga Gas Eropa Melonjak ke Level Tertinggi, Putin: Rusia Tak Tepuk Tangan

News - Harga gas alam berjangka di Eropa Barat dilaporkan kembali melonjak 5 persen pada Jumat (13/10/2023).

Lonjakan harga ini naik ke level tertinggi sejak awal April, mengacu pada data dari London Intercontinental Exchange (ICE).

Harga gas berjangka untuk pengiriman bulan November di pusat Title Transfer Facility (TTF) di Belanda melonjak ke level tertinggi dalam sehari sebesar €56,01 ($59,1) per megawatt-jam dalam istilah rumah tangga selama perdagangan pagi, atau lebih dari $617 per seribu meter kubik, level tertinggi dalam delapan bulan.

Baca juga: Malaysia Setop Pakai Dolar AS, Indonesia dan Tiongkok Jadi Mitra Dagang Terbesar

Sejak minggu lalu, harga acuan berjangka di benua ini telah melonjak lebih dari 54 persen.

Para analis mengaitkan peningkatan tersebut dengan konflik antara Israel dan Hamas, yang menyebabkan penutupan ladang gas lepas pantai yang memasok Mesir.

Mereka juga menyebutkan dugaan sabotase pipa Laut Baltik antara Finlandia dan Estonia, rencana pemogokan pekerja di pabrik ekspor utama di Australia, dan mendekati musim dingin di Eropa.

Baca juga: Pipa Gas Alam Rawan Sabotase, Anggota NATO: Ancaman dari Rusia Meningkat

Putin: Rusia Tak Gembira Jika Uni Eropa Dilanda Resesi

Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan penilaiannya terhadap situasi ekonomi saat ini di Uni Eropa (UE).

Putin menyatakan kalau negara-negara di blok tersebut telah memasuki resesi, namun Moskow tidak senang melihat kemalangan yang dialami UE tersebut.

Putin menyampaikan hal tersebut pada Jumat, di pertemuan puncak para pemimpin Persemakmuran Negara-Negara Merdeka (CIS), yang saat ini sedang berlangsung di ibu kota Kyrgyzstan, Bishkek.

Dia mengacu pada beberapa negara Uni Eropa yang mengalami kontraksi ekonomi tahun ini, serta lemahnya perkiraan pertumbuhan untuk blok tersebut.

“Ini adalah resesi. Kami tidak menyombongkan diri, kami tidak bertepuk tangan, kami tidak menyeringai dan tertawa - tidak, kami hanya menyatakan fakta. Di CIS pertumbuhannya 2,2 persen, dan peningkatan produksi industri lebih besar lagi, yaitu 2,7%,” kata Presiden Rusia itu.

Foto ini didistribusikan oleh lembaga milik negara Rusia Sputnik ini menunjukkan Presiden Rusia Vladimir Putin sedang melakukan wawancara kepada stasiun televisi Al Ghad usai sesi pleno forum Pekan Energi Rusia di Moskow pada 11 Oktober 2023.
Foto ini didistribusikan oleh lembaga milik negara Rusia Sputnik ini menunjukkan Presiden Rusia Vladimir Putin sedang melakukan wawancara kepada stasiun televisi Al Ghad usai sesi pleno forum Pekan Energi Rusia di Moskow pada 11 Oktober 2023. (KRISTINA KORMILITSYNA / POOL / AFP)

Jerman, kekuatan ekonomi UE, secara resmi tergelincir ke dalam resesi teknis pada kuartal pertama tahun ini setelah mengalami kontraksi 0,3%.

Menurut perkiraan terbaru dari Dana Moneter Internasional (IMF), PDB negara tersebut diperkirakan akan menyusut sebesar 0,5% lagi pada akhir tahun ini.

Sektor manufaktur Jerman yang padat energi sebelumnya sangat bergantung pada pasokan energi dari Rusia yang telah berkurang akibat sanksi Uni Eropa terhadap Moskow.

Negara-negara lain UE, seperti Belanda, Irlandia, Lituania, dan Estonia juga mengalami resesi teknis tahun ini, karena perekonomian mereka menyusut selama dua kuartal berturut-turut.

Persemakmuran Negara-Negara Merdeka (CIS) adalah organisasi regional yang mencakup Rusia dan banyak negara bekas republik Soviet.

Negara-negara tersebut termasuk Armenia, Azerbaijan, Belarus, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Moldova, Uzbekistan, Tajikistan, dan Turkmenistan.

(oln/*/RT/)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat