androidvodic.com

Bantuan Masyarakat Indonesia untuk 13.000 Warga Gaza Mulai Disalurkan - News

Bantuan Rakyat Indonesia untuk 13.000 Warga Gaza Mulai Disalurkan

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto 

News, GAZA – Krisis kemanusiaan dirasakan oleh jutaan warga Palestina di Jalur Gaza.

Pasalnya, saat ini tak ada lagi tempat yang aman bagi warga Gaza di tengah serangan militer Israel di Jalur Gaza.

Meringankan beban penderitaan warga Gaza, lembaga kemanusiaan International Networking for Humanitarian (INH) menyalurkan bantuan logistik berupa kupon belanja untuk 13 ribu pengungsi di Jalur Gaza, Palestina.

Baca juga: Penjara Negev Israel Jadi Abu Ghraib Baru Bagi Warga Palestina: Penyiksaan Brutal hingga Kematian

“Hari ini kita salurkan kupon belanja bagi para pengungsi korban agresi Israel di Jalur Gaza bagian selatan,” kata Founder INH, Muhammad Husein saat membagikan kupon belanja secara langsung di Golden Mall, Khan Younis, Jalur Gaza Selatan, Palestina melalui keterangan tertulis, Kamis (19/10/2023).

Husein menjelaskan, kupon belanja senilai 100 NIS tersebut bisa digunakan bagi para pengungsi korban serangan Israel untuk membeli sesuai kebutuhan seperti bahan pokok makanan, air dan keperluan hidup lainya.

Dikatakannya, pembagian bantuan secara langsung dengan mengumpulkan massa sangat tidak memungkinkan mengingat situasi dan kondisi di Jalur Gaza masih sangat mencengkam.

“Pengungsi yang kami bagikan merupakan warga Gaza yang mencari perlindungan dari Gaza bagian utara untuk mencari tempat aman di Gaza bagian selatan namun hampir semua wilayah di jalur Gaza saat ini tidak aman,” jelasnya.

Orang-orang berkumpul di sekitar mayat warga Palestina yang tewas dalam serangan di rumah sakit Ahli Arab di Gaza tengah setelah mereka diangkut ke rumah sakit Al-Shifa, pada 17 Oktober 2023. Serangan di kompleks rumah sakit di Jalur Gaza setidaknya menewaskan korban jiwa yang disalahkan oleh pejabat di wilayah Palestina yang dikuasai Hamas pada 17 Oktober, memicu kecaman dan kemarahan luas. Namun tentara Israel menyalahkan roket yang salah ditembakkan oleh militan di Gaza. (Photo by Dawood NEMER / AFP)
Orang-orang berkumpul di sekitar mayat warga Palestina yang tewas dalam serangan di rumah sakit Ahli Arab di Gaza tengah setelah mereka diangkut ke rumah sakit Al-Shifa, pada 17 Oktober 2023. Serangan di kompleks rumah sakit di Jalur Gaza setidaknya menewaskan korban jiwa yang disalahkan oleh pejabat di wilayah Palestina yang dikuasai Hamas pada 17 Oktober, memicu kecaman dan kemarahan luas. Namun tentara Israel menyalahkan roket yang salah ditembakkan oleh militan di Gaza. (Photo by Dawood NEMER / AFP) (AFP/DAWOOD NEMER)

Kupon belanja yang dibagikan, merupakan dana sumbangan dari masyarakat Indonesia untuk para korban dan pengungsi yang saat ini tengah mengalami kesulitan yang luar biasa. 

Suasana di Gaza, lanjut Husein masih mencekam, jet tempur israel belum menghentikan serangannya bahkan semakin meningkatkan intensitas serangananya dengan menargetkan warga sipil yang tidak terkait secara langsung oleh kelompok pejuang Hamas.

Manager Program INH Ibnu Hafidz, mengatakan, penyaluran program darurat kemanusiaan di Gaza tahun 2023 ini merupakan tahap awal dan saat ini lembaganya terus melakukan penggalangan dana kemanusiaan untuk mereka yang menjadi korban peperangan.

“Untuk tahap pertama sudah disalurkan donasi dari masyrakat Indonesia untuk warga di Gaza senilai Rp1,2 milyar baik yang secara langsung didistribusikan melalui INH cabang Gaza maupun lembaga kemanusiaan mitra,” kata Ibnu

Konflik di Jalur Gaza saat ini belum juga usai, jutaan warga Palestina yang tinggal di daerah tersbut sangat membutuhkan bantuan dan uluran tangan dari masyarakat dari dunia internasional termasuk Indonesia.

“Semoga saja kami bisa terus menjaga amanah dari masyarakat untuk mengumpulkan donasi dan menyalurkan secara langsung ke mereka yang benar-benar membutuhkan,” jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat