androidvodic.com

Gara-gara Sebut Israel Pelaku Kejahatan Perang, CEO Perusahaan Ternama di Eropa Harus Lengser - News

News – Gara-gara menuduh Israel sebagai pelaku kejahatan perang dan melanggar hukum internasional, seorang pemimpin sebuah perusahaan konferensi ternama harus mengundurkan diri.

CEO Web Summit, Paddy Cosgrave mengundurkan diri pada hari Sabtu setelah menerima penolakan dari sponsor dan peserta.

Web Summit adalah perusahaan konferensi teknologi Eropa yang mempertemukan ribuan perusahaan rintisan dan perusahaan teknologi terkemuka di Lisbon, Portugal.

Baca juga: Hamas Bebaskan 2 Sandera asal AS, Seorang Ibu dan Putrinya

Dia mengatakan pandangan pribadinya telah menjadi “pengalih perhatian dari acara tersebut” dan meminta maaf atas “kerugian” yang dia timbulkan.

Cosgrave, seorang pengusaha Irlandia yang mendirikan Web Summit pada tahun 2009, menggunakan platform media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, untuk mempertimbangkan kampanye pemboman Israel yang sedang berlangsung di Gaza, yang menurut pemerintah setempat sejauh ini telah menewaskan lebih dari sekitar 4.400 warga Palestina.

Sebagian besar warga sipil, dan menghancurkan sebagian besar infrastruktur wilayah tersebut.

“Saya terkejut dengan retorika dan tindakan dari begitu banyak pemimpin dan pemerintah Barat, dengan pengecualian khususnya pemerintah Irlandia, yang untuk kali ini melakukan hal yang benar,” kata Cosgrave dalam postingannya pada tanggal 13 Oktober.

Menurutnya, kejahatan perang bahkan ketika dilakukan oleh sekutu, dan harus diungkap apa adanya.

Dua hari kemudian, Cosgrave memperbarui tweetnya untuk juga mengutuk serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober terhadap Israel, yang menewaskan sekitar 1.400 warga Israel, sebagian besar warga sipil, dan menyebutnya “keterlaluan”, “menjijikkan” dan “tindakan kejahatan yang mengerikan”

Dia menambahkan: “Israel mempunyai hak untuk membela diri, namun, seperti yang telah saya nyatakan, mereka tidak mempunyai hak untuk melanggar hukum internasional.”

Baca juga: Saat Jokowi Tanggapi Konflik Hamas-Israel: Indonesia Tidak akan Tinggal Diam

Dalam permintaan maaf selanjutnya yang diposting pada 17 Oktober di blog Web Summit dan dibagikan di akun X-nya, Cosgrave berkata, “Apa yang dibutuhkan saat ini adalah belas kasih, dan saya tidak menyampaikannya. Tujuan saya adalah dan selalu berusaha untuk perdamaian."

Dia melanjutkan dengan mengatakan, “Saya juga percaya bahwa, dalam membela diri, Israel harus mematuhi hukum internasional dan Konvensi Jenewa – yaitu tidak melakukan kejahatan perang. Keyakinan ini berlaku sama bagi negara mana pun dalam perang apa pun. Tidak ada negara yang boleh melanggar undang-undang ini, bahkan jika terjadi kekejaman terhadap negara tersebut.”

Postingan lanjutannya tidak cukup untuk menarik perhatian sejumlah sponsor utama dan headliner acara yang mengumumkan bahwa mereka akan memboikot acara tersebut, termasuk perusahaan teknologi kelas berat Meta, Google, dan Stripe.

Web Summit berencana untuk melanjutkan acara bulan November sambil merekrut CEO baru, katanya kepada kantor berita The Associated Press.

Pukulan balik profesional

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat