androidvodic.com

Tentara Rusia Mentok di Avdiivka, Ukraina: 50 Tank Moskow Hangus dalam Sehari, 900 Prajurit Tewas - News

Tentara Rusia Mentok di Avdiivka, Ukraina: 50 Tank Moskow Hangus dalam Sehari, 900 Prajurit Tewas

News - Militer Rusia dilaporkan menemui jalan buntu dalam upaya mereka merebut kembali Avdiivka dari Ukraina.

Beberapa hari setelah melancarkan serangan besar-besaran di kota timur di wilayah Donetsk, Ukraina, pasukan Rusia dilaporkan kembali menemui kegagalan.

Pihak Ukraina mengklaim Rusia kehilangan hampir 50 tank dan 900 orang dalam satu hari pertempuran, Sabtu (21/10/2023).

"Dalam satu hari pertempuran, hampir 900 orang Rusia tewas dan 100 unit peralatan lapis baja mereka juga hancur," kata Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina.

Sebuah video yang dibagikan oleh militer Ukraina pada Jumat menunjukkan tank dan kendaraan lapis baja Rusia dihancurkan saat mereka menuju kota di Ukraina timur.

Baca juga: Dikirim ke Medan Perang Pakai Lapis Baja Butut Soviet, Tubuh Tentara Rusia Berserakan di Avdiivka

Sebuah tank Ukraina menembaki sasaran di Avdiivka
Sebuah tank Ukraina menembaki sasaran untuk mendukung unit infanteri di garis depan di tengah perang Rusia-Ukraina di Avdiivka, Oblast Donetsk, Ukraina pada 17 April 2023.

Alasan Rusia Ngotot Rebut Avdiivka Belum Jelas

Institute for the Study of War (ISW), sebuah wadah pemikir yang berbasis di Washington, serangan besar Rusia ke Avdiivka pada Jumat mengindikasikan kengototan Moskow agar wilayah ini kembali bisa dikuasai.

Meski begitu, upaya pada Jumat pekan lalu tersebut kembali menemui kegagalan di mana Rusia kehilangan banyak personel dan peralatan tempur.

Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan kepada wartawan pekan lalu bahwa Rusia telah melancarkan “serangan baru” di Ukraina timur, termasuk di sekitar Avdiivka.

Kirby mencatat, tidak mengherankan jika Rusia memulai tindakan ofensif, mengingat tujuan utama mereka adalah merebut lebih banyak wilayah Ukraina.

Namun, alasan fokusnya Rusia pada Avdiivka, belum jelas.

ISW sebelumnya mencatat, bahwa keberhasilan pasukan Ukraina merebut kota tersebut tidak akan membuka rute baru untuk maju ke seluruh Donetsk di mana banyak wilayah masih diduduki pasukan Rusia.

"Sejak Rusia mulai menyerang Avdiivka pada 10 Oktober, pasukannya telah menderita kerugian besar dalam hal tank dan kendaraan lapis baja, namun terus melancarkan serangan ke kota tersebut,: menurut ISW.

Lembaga think tank tersebut menganalisis, kegigihan Rusia ini menunjukkan kepercayaan diri pasukan Rusia kalau mereka dapat merebut kota tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat