androidvodic.com

Langit Biru Gaza Menghitam, Israel Serang 12.000 Sasaran di Seluruh Wilayah Palestina Sejak Perang - News

News - Perang Israel-Hamas yang meletus sejak Sabtu (7/10/2023) telah memasuki hari ke-34 pada Jumat (10/11/2023).

Selama lebih dari sebulan, langit malam Gaza diterangi kilatan rudal dan cahaya merah.

Langit biru Gaza menghitam karena kepulan asap membumbung dari rumah-rumah yang diratakan dengan tanah.

Menurut Euro-Med Human Rights Monitor, Israel telah menjatuhkan lebih dari 25.000 ton bahan peledak - setara dengan dua bom nuklir, di Jalur Gaza.

Sebagai perbandingan, bom nuklir Little Boy yang dijatuhkan Amerika Serikat di Hiroshima selama Perang Dunia II menghasilkan 15.000 ton bahan peledak berkekuatan tinggi dan menghancurkan segala sesuatu dalam radius satu mil (1,6 km).

Citra satelit dan foto-foto menunjukkan seluruh lingkungan telah rata.

Baca juga: Netanyahu: Israel Tak Berniat Duduki Jalur Gaza atau Usir Warga Palestina

Asap dan debu membubung menyusul serangan Israel di Rafah, di Jalur Gaza selatan pada 9 November 2023, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Palestina Hamas.
Asap dan debu membubung menyusul serangan Israel di Rafah, di Jalur Gaza selatan pada 9 November 2023, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Palestina Hamas. (KATA KHATIB/AFP)

Banyak rumah sakit, sekolah, tempat ibadah dan rumah-rumah yang rusak atau hancur akibat serangan darat, laut dan udara Israel.

Seluruh sistem komunikasi dan instalasi pengolahan air juga telah dinonaktifkan.

Menurut data terbaru dari Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) PBB, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan pemerintah Palestina, dan hingga 7 November, serangan Israel setidaknya telah merusak:

  • Setengah dari rumah di Gaza – 222.000 unit tempat tinggal rusak dan lebih dari 40.000 unit hancur total
  • 278 fasilitas pendidikan rusak
  • 270 fasilitas kesehatan diserang
  • 69 tempat ibadah rusak, termasuk masjid dan gereja
  • 45 ambulan rusak
  • 11 toko roti hancur

Baca juga: Israel Bombardir 3 Rumah Sakit di Gaza, 6 Orang Tewas akibat Serangan di Kompleks RS al-Shifa

Pasukan tentara Israel terlihat di perbatasan Israel-Gaza selama operasi darat di Jalur Gaza, Rabu, 8 November 2023. Pasukan darat Israel memasuki Jalur Gaza saat mereka melanjutkan perang melawan militan Hamas sebagai pembalasan atas tindakan kelompok tersebut. serangan 7 Oktober yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel. (AP Photo/Ohad Zwigenberg)
Pasukan tentara Israel terlihat di perbatasan Israel-Gaza selama operasi darat di Jalur Gaza, Rabu, 8 November 2023. Pasukan darat Israel memasuki Jalur Gaza saat mereka melanjutkan perang melawan militan Hamas sebagai pembalasan atas tindakan kelompok tersebut. serangan 7 Oktober yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel. (AP Photo/Ohad Zwigenberg) (AP/Ohad Zwigenberg)

Israel mengatakan pihaknya telah menyerang sedikitnya 12.000 sasaran di seluruh wilayah Palestina yang terkepung dari tanggal 7 Oktober hingga 1 November 2023.

Korban tewas di wilayah Palestina kini mencapai 10.812 orang, Kementerian Kesehatan Gaza melaporkan pada Kamis (9/11/2023), dilansir English Al Arabiya.

Sedikitnya ada 4.412 anak-anak termasuk di antara para korban tewas, lapor The Guardian.

Sementara, 26.905 orang lainnya dilaporkan terluka dalam serangan Israel.

Serangan di Kamp Pengungsian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat