androidvodic.com

Tekad Rusia Mengurangi Dominasi Amerika Serikat dan Eropa, Fashion Show di Tengah Perang - News

Laporan Dahlan Dahi, wartawan Tribun Network, dari Moskow, Rusia

News - Sebagai wartawan yang pernah meliput perang Irak di Bagdad tahun 2003, saya kaget mendapatkan undangan dari panitia Brics+ Fashion Summit di Moskow, Rusia.

Fashion Summit? Saya lihat detail agendanya. Memang benar tentang semacam conference, menghadirkan pakar, pelaku, blogger, dan media. Tersedia juga fashion show di sekitar kawasan Kremlin yang indah dan bersejarah.

Sampai saat saya sudah boarding di pesawat via Bandara Udara Internasional Soekarno-Hatta, Senin (27/11/2023) dini hari, saya belum yakin benar ini sungguh-sungguh terjadi: saya akan ke Moskow untuk ketiga kalinya, kali ini meliput fashion show!

Benar. Pesawat yang membawa saya ke Moskow setelah transit di Doha touch down pukul 14.30 waktu Moskow, sesuai jadwal, di tengah kabut yang tebal, hujan, dan landasan yang berwarna putih karena diselimuti salju.

Suhu dingin, minus satu derajat Celcius. Tangan seperti tertusuk jarum. Salju di mana-mana. Terasa sangat kontras dengan Doha yang panasnya mencapai 38 derajat. Jarak Doha-Moskow sekitar 5 jam penerbangan.

Di bandara, kami kemudian berkumpul dengan undangan lain dari Afrika, Pakistan, Arab. Mereka benar-benar fashionable, ada bahkan yang memakai kaca mata hitam dan topi koboi.

Saya? Hmmm, saya wartawan berita yang senang pada berita politik domestik dan internasional.

Saya menjadi benar-benar berbeda.

Brics+ Fashion Summit
Tamu undangan Brics+ Fashion Summit dari Afrika dan Rusia di Moskow, Rusia, Senin (27/11/2023).

* INI bagian menariknya --setidaknya menurut saya.

Brics adalah kepanjangan dari Brasil, Rusia, India, China, dan South (Africa). Organisasi non-politik ini menjadi salah satu aliansi yang efektif bagi Rusia menggalang dukungan untuk "operasi militer" di Ukraina.

Sebenarnya dibentuk tahun 2010 tapi baru menjadi pembicaraan luas ketika menggelar summit di Afrika Selatan tahun ini, di tengah perang Rusia-Ukraina. Presiden Jokowi hadir.

Brics mewakili 27 persen tanah dunia, 42 persen dari populasi dunia. Brics menjadi menarik karena Brasil, Rusia, India, dan China adalah negara-negara yang masuk 10 terbesar dunia dalam hal populasi, luas wilayah, dan GDP.

Yang juga penting, Rusia dan China (selain Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis) adalah pemegang hak veto PBB. Dua melawan tiga, seperti biasa. Lima negara inilah yang mengendalikan arah dinamika politik global sejak Perang Dunia II.

lihat fotoKota Moskow diselimuti salju, Senin (27/11/2023).
Kota Moskow diselimuti salju, Senin (27/11/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat