androidvodic.com

Kenapa Banyak Tentara IDF Tewas karena Tertembak Rekan Sendiri, Begini Kata Pakar Intelijen Militer - News

Kenapa Banyak Tentara IDF Tewas karena Tertembak Rekan Sendiri, Begini Kata Pakar Intelijen Militer

News- Hampir seperlima tentara Israel yang tewas di Gaza disebabkan tewas karena tertembak rekan sendiri dan kecelakaan lainnya, kata juru bicara IDF.

Setidaknya 20 dari 105 tentara yang tewas di tengah serangan darat Israel di Gaza tewas dalam kecelakaan, termasuk insiden 'Friendly Fire' atau salah tembak, kata Pasukan Pertahanan Israel.

Sekitar seperlima tentara Israel yang tewas dalam serangan darat Israel di Jalur Gaza, yang dimulai pada akhir Oktober, meninggal karena kesalahan sendiri atau salah tembak dan kecelakaan lainnya, kata Pasukan Pertahanan Israel pada hari Selasa.

Setidaknya 105 tentara Israel tewas sejak militer memulai operasi darat di Gaza, klaim juru bicara IDF. Setidaknya 20 dari kematian tersebut disebabkan oleh "kecelakaan", kata mereka.

Dari 20 kematian tersebut, 13 disebabkan oleh tembakan teman sendiri, atau tembakan internal dari pasukan militer sendiri.

Baca juga: Apa Itu Friendly Fire? Ini Salah Satu Contohnya Saat Tentara Israel Bunuh Teman Sendiri Pakai Apache

Enam di antaranya disebabkan oleh kecelakaan lain yang berhubungan dengan "persenjataan, mesin, terinjak-injak," kata mereka. Setidaknya satu kematian disebabkan oleh penembakan yang tidak teratur.

Insiden tentara yang tewas akibat tembakan ramah disebabkan oleh kesalahan identifikasi dalam serangan udara, penembakan tank, dan tembakan, Times of Israel melaporkan secara terpisah.

Seorang tentara tewas dalam tembakan yang tidak dimaksudkan untuk mengenai mereka, lapor media Israel tersebut, sementara dua lainnya tewas dalam salah tembak yang tidak disengaja.

Dua tentara, menurut Times, tewas dalam insiden yang melibatkan kendaraan lapis baja yang menabrak pasukan, dan dua lainnya tewas akibat pecahan peluru, termasuk akibat bahan peledak yang diledakkan oleh pasukan Israel.

Juru bicara IDF tidak segera menanggapi permintaan informasi lebih lanjut mengenai kematian dan cedera terkait kecelakaan.

Baca juga: Friendly Fire, Sesama Tentara Israel Saling Tembak Sendiri: Pasukan Lapis Baja Vs Infanteri di Gaza

IDF mengatakan pihaknya terus menilai pertempuran yang sedang berlangsung di Gaza, termasuk kasus baku tembak, Times of Israel melaporkan.

Rekan Dewan Atlantik dan pakar intelijen militer Alex Plitsas mengatakan bahwa dalam situasi "kabut perang" sulit untuk membedakan apakah jumlah kematian terkait kecelakaan, yang jumlahnya hanya di bawah 20 persen dari 105 korban tewas, dapat mencerminkan masalah yang lebih luas seputar IDF dan serangan.

"Tentu saja, setiap kali ada insiden kebakaran...itu perlu diwaspadai dan diselidiki," katanya dikutip dari nbcnews.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat