androidvodic.com

Paus Fransiskus Setujui Pemberkatan Pasangan Sesama Jenis tapi Ada Beberapa Syarat - News

News - Paus Fransiskus pada hari Senin secara resmi mengizinkan para pendeta Katolik Roma untuk memberkati pasangan sesama jenis.

Keputusan ini merupakan sebuah perubahan signifikan dalam pendekatan gereja terhadap kelompok LGBTQ+.

Namun terdapat beberapa ketentuan dalam keputusan tersebut.

Sebuah dokumen dari kantor doktrin Vatikan yang disetujui oleh Paus Fransiskus pada hari Senin mengatakan pemberkatan dapat dilakukan dalam keadaan tertentu jika tidak disalahartikan sebagai ritual pernikahan, dikutip dari AP News.

Kemudian pemberkatan ini tidak boleh dikaitkan dengan perayaan Katolik atau ibadah keagamaan tertentu serta tidak boleh diberikan bersamaan dengan upacara persatuan sipil.

Terlebih lagi, pemberkatan tidak dapat menggunakan ritual yang telah ditetapkan atau bahkan melibatkan pakaian dan gerak tubuh yang termasuk dalam sebuah pernikahan.

Baca juga: Usai Bertemu Paus Fransiskus, Megawati dan Juri Zayed Award Diwawancarai Radio Vatikan

Akan tetapi dalam dokumen tersebut juga dijelaskan, permohonan pemberkatan seperti itu tidak boleh ditolak sepenuhnya.

Ayat ini menawarkan definisi yang luas dan luas mengenai istilah 'berkat' dalam Kitab Suci untuk menegaskan bahwa orang yang mencari hubungan transenden dengan Tuhan dan mencari kasih serta belas kasihan-Nya tidak boleh berpegang pada standar moral yang mustahil untuk menerimanya.

“Pada akhirnya, sebuah berkat menawarkan manusia sarana untuk meningkatkan kepercayaan mereka kepada Tuhan,” kata dokumen itu.

“Permintaan berkah, dengan demikian, mengungkapkan dan memupuk keterbukaan terhadap transendensi, belas kasihan, dan kedekatan dengan Tuhan dalam ribuan keadaan kehidupan yang nyata, yang bukanlah hal kecil di dunia tempat kita hidup.”

Keputusan baru tersebut menyatakan bahwa keputusan tersebut membuka 'kemungkinan pemberkatan bagi pasangan yang berada dalam situasi tidak normal dan bagi pasangan sesama jenis' meskipun keputusan tersebut diserahkan kepada 'kebijaksanaan yang bijaksana dan kebapakan dari para pendeta yang ditahbiskan'.

Dikutip dari CNN, upaya Paus untuk mengubah pendekatan gereja terhadap umat Katolik LGBTQ dimulai pada tahun 2013.

Saat itu, seorang reporter bertanya tentang pendeta gay.

Kemudian ia menjawab dirinya tidak berhak menghakimi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat