androidvodic.com

Angkatan Udara Inggris dan AS Lakukan Serangan Udara pada 60 Fasilitas Militer Houthi di 16 Lokasi - News

Angkatan Udara Inggris dan AS Menyerang 60 Sasaran Fasilitas Militer Houthi di 16 Lokasi

News- Militer AS dan Inggris mengebom lebih dari selusin lokasi yang digunakan oleh kelompok Houthi yang didukung Iran di Yaman pada hari Kamis, dalam serangan balasan besar-besaran menggunakan rudal Tomahawk dan jet tempur yang diluncurkan oleh kapal perang dan kapal selam, kata para pejabat AS.

Komando Timur Tengah Angkatan Udara A.S. mengatakan pihaknya menyerang lebih dari 60 sasaran di 16 lokasi di Yaman, termasuk “simpul komando dan kontrol, depot amunisi, sistem peluncuran, fasilitas produksi, dan sistem radar pertahanan udara.”

Presiden Joe Biden mengatakan serangan itu dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa AS dan sekutunya tidak akan mentolerir serangan tanpa henti yang dilakukan kelompok militan di Laut Merah. Dan dia mengatakan mereka hanya melakukan tindakan tersebut setelah adanya upaya perundingan diplomatik dan pertimbangan yang cermat.

“Serangan ini merupakan respons langsung terhadap serangan Houthi yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap kapal maritim internasional di Laut Merah – termasuk penggunaan rudal balistik anti-kapal untuk pertama kalinya dalam sejarah,” kata Biden dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Perang di Yaman, Perang antara Pendukung Genosida di Gaza dan Mereka yang Menentangnya, Kata Houthi

Baca juga: Perang Meluas, Rudal AS Hantam Yaman, Respons Terhadap Houthi yang Menyerang Kapal-kapal ke Israel

Dia mencatat bahwa serangan-serangan itu membahayakan personel AS dan pelaut sipil serta membahayakan perdagangan, dan dia menambahkan, “Saya tidak akan ragu untuk mengarahkan tindakan lebih lanjut untuk melindungi rakyat kita dan arus bebas perdagangan internasional jika diperlukan.”

Dikutip dari AP, di ibu kota Yaman, Sanaa, jurnalisnya mendengar empat ledakan pada Jumat dini hari waktu setempat. Dua warga Hodieda, Amin Ali Saleh dan Hani Ahmed, mengatakan mereka mendengar lima ledakan kuat menghantam kawasan pelabuhan barat kota, yang terletak di Laut Merah dan merupakan kota pelabuhan terbesar yang dikuasai Houthi. Saksi mata yang berbicara dengan AP juga mengatakan mereka melihat serangan di Taiz dan Dhamar, kota di selatan Sanaa.

Serangan tersebut menandai respons pertama militer AS terhadap serangan drone dan rudal terhadap kapal komersial sejak dimulainya perang Israel-Hamas.

Dan serangan militer terkoordinasi ini terjadi hanya seminggu setelah Gedung Putih dan sejumlah negara mitra mengeluarkan peringatan terakhir kepada Houthi untuk menghentikan serangan atau menghadapi potensi aksi militer. Para pejabat menggambarkan serangan tersebut tanpa menyebut nama untuk membahas operasi militer. Anggota Kongres telah diberi pengarahan pada Kamis pagi mengenai rencana serangan tersebut.

Peringatan tersebut tampaknya memiliki dampak jangka pendek, karena serangan berhenti selama beberapa hari. Namun pada hari Selasa, pemberontak Houthi menembakkan drone dan rudal terbesar mereka yang menargetkan kapal-kapal di Laut Merah, yang dibalas oleh kapal-kapal AS dan Inggris serta jet tempur Amerika dengan menembak jatuh 18 drone, dua rudal jelajah, dan sebuah rudal anti-kapal. Dan pada hari Kamis, Houthi menembakkan rudal balistik anti-kapal ke Teluk Aden, yang terlihat oleh kapal komersial tetapi tidak mengenai kapal tersebut.

Rudal AS menyerang sasaran di Yaman terkait dengan Milisi Houthi. Serangan yang dipimpin Amerika Serikat ini terjadi sebagai respons terhadap lebih dari dua lusin serangan drone dan rudal Houthi terhadap kapal komersial menuju Israel di Laut Merah sejak perang Israel-Hamas dimulai.
Rudal AS menyerang sasaran di Yaman terkait dengan Milisi Houthi. Serangan yang dipimpin Amerika Serikat ini terjadi sebagai respons terhadap lebih dari dua lusin serangan drone dan rudal Houthi terhadap kapal komersial menuju Israel di Laut Merah sejak perang Israel-Hamas dimulai. (Tangkapan layar Twitter)


Serangan Terhadap Fasilitas Militer Houthi di Yaman

Angkatan Udara Kerajaan Inggris melakukan serangan yang ditargetkan terhadap fasilitas militer Houthi di Yaman.

Inggris, dengan dukungan Amerika Serikat, mengambil tindakan terbatas untuk 'menjaga kebebasan navigasi dan melindungi pelayaran global' sebagai respons terhadap serangan Houthi di Laut Merah.

Angkatan Udara Kerajaan Inggris melakukan serangan yang ditargetkan terhadap fasilitas militer Houthi di Yaman pada Jumat pagi, menurut sebuah pernyataan.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengatakan meskipun ada peringatan internasional, Houthi terus melakukan serangan di Laut Merah, termasuk terhadap kapal perang Inggris dan Amerika pada minggu ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat