androidvodic.com

Israel Tak Hormati Hukum Internasional, Mustafa Barghouti Sebut AS malah Menghukum Warga Palestina - News

News - Sekretaris Jenderal Partai Inisiatif Nasional Palestina, Mustafa Barghouti, memberi tanggapan soal “Konferensi Kembali ke Gaza”.

Mustafa Barghouti menyebut politisi Israel yang menghadiri konferensi tersebut menunjukkan tidak menghormati hukum internasional.

Hal itu setelah adanya putusan sementara yang diperintahkan oleh Mahkamah Internasional (ICJ) baru-baru ini.

“Mereka melakukan semua itu karena masyarakat internasional diam,” ungkap Barghouti, Senin (29/1/2024), dilansir Al Jazeera.

Amerika Serikat (AS) disebut terus mengatakan bahwa pemukiman di Gaza tersebut ilegal.

"Namun, bukannya menghukum mereka, mereka (AS) justru menghukum warga Palestina,” kata Barghouti.

“Mereka memotong bantuan ke (UNRWA), badan terpenting yang memberikan bantuan kemanusiaan kepada Palestina."

"Mereka melakukan hukuman kolektif terhadap penduduk Palestina,” terangnya.

Konferensi Pemukiman Kembali Gaza

Pada Minggu (28/1/2024), ribuan peserta berkumpul di Yerusalem untuk menghadiri konferensi sayap kanan yang menyerukan pemukiman kembali Jalur Gaza dan pemindahan penduduk Palestina yang tinggal di sana.

Konferensi tersebut menampilkan pidato dari banyak tokoh masyarakat, termasuk anggota Knesset dan menteri dari pemerintahan koalisi saat ini, serta para rabi, aktivis pemukiman, keluarga tentara yang saat ini berperang di Gaza, dan kepala dewan di wilayah selatan.

Baca juga: Al-Qassam Ungkap Kemajuan pada 27-28 Januari, 11 Kendaraan Militer Israel Hancur, 7 Drone Disita

Selama konferensi, para peserta diberikan rincian pemukiman Yahudi, peta, dan tahapan persiapan, serta seruan kepada para pengambil keputusan untuk mengakui bahwa kemenangan perang hanya dapat diraih melalui pemukiman kembali Yahudi di Jalur Gaza.

Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Itamar Ben-Gvir dari partai Otzma Yehudit dan Menteri Keuangan Bezalel Smotrich dari partai Religius Zionis, menghadiri acara tersebut dan tampil sebagai pembicara utama.

Anggota parlemen koalisi lain yang hadir termasuk Likud MK Haim Katz, Yitzhak Goldknopf dari Partai Persatuan Torah Yudaisme, Orit Strock dari Partai Religius Zionis, dan Menteri Komunikasi Shlomo Karhi dari Likud.

Sementara itu, pemimpin oposisi Israel Yair Lapid mengecam peristiwa tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat