androidvodic.com

Angkatan Laut Yaman: Rudal Hantam Langsung Kapal Perusak USS Gravely, Kapal Kargo KOI AS Juga Kena - News

Angkatan Laut Yaman: Rudal Hantam Langsung Kapal Perusak USS Gravely, Kapal Kargo KOI AS Juga Kena

News - Juru bicara Angkatan Bersenjata Yaman mengatakan Angkatan Laut Yaman Armed Forces (YAF) menyerang kapal perusak Amerika USS Gravely secara langsung dan akurat.

Angkatan Bersenjata Yaman yang terafiliasi kelompok Ansarallah Houthi Yaman juga menyebut, selain kapal perang AS, mereka juga menyerang kapal kargo Amerika "KOI".

Kapal kargo itu merka sebut sedang menuju pelabuhan Israel.

Baca juga: Komandan Armada Kelima AL AS: Rudal Houthi Yaman Mampu Capai Sasaran dalam 75 Detik

"Serangan dilakukan dengan beberapa rudal angkatan laut yang tepat serta langsung mengenai kapal tersebut," ujar juru bicara YAF, Brigjen Yahya Saree, dikonfirmasi Al Mayadeen, Rabu (31/1/2024).

Dalam sebuah pernyataan, Saree mengatakan serangan tersebut merupakan kemenangan bagi rakyat Palestina yang tertindas di tengah agresi Israel yang sedang berlangsung.

Serangan ini juga sebagai balasan terhadap agresi Amerika-Inggris di Yaman.

Baca juga: Nyaris Sendirian di Laut Merah, AS Tak Bisa Diandalkan Lindungi Perdagangan Maritim Internasional

Kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke, USS Delbert D. Black (DDG 119), berlayar di Laut Mediterania. (31 Desember 2023). (Nolan PENNINGTON / Departemen AS Pertahanan/AFP)
Kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke, USS Delbert D. Black (DDG 119), berlayar di Laut Mediterania. (31 Desember 2023). (Nolan PENNINGTON / Departemen AS Pertahanan/AFP) (AFP/NOLAN PENNINGTON)

Saree menambahkan serangan itu terjadi hanya beberapa jam setelah angkatan laut Yaman menargetkan kapal perusak Amerika USS Gravely dengan beberapa rudal anti-kapal di Laut Merah.

Saree mengonfirmasikalau serangan itu mengenai langsung dan akurat ke sasaran.

Baca juga: Serangan Langsung ke Teheran, 3 Kemungkinan Balas Dendam AS ke Iran Atas Insiden Berdarah Tower 22

Gambar selebaran milik Angkatan Laut AS yang diambil pada 19 Oktober 2023 ini menunjukkan kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke USS Carney (DDG 64) mengalahkan kombinasi rudal Houthi dan kendaraan udara tak berawak di Laut Merah. Sebuah kapal Angkatan Laut AS di Laut Merah pada 19 Oktober 2023 menembak jatuh rudal dan drone yang ditembakkan oleh pemberontak Huthi yang didukung Iran di Yaman, kemungkinan di Israel, kata Pentagon. Tiga
Gambar selebaran milik Angkatan Laut AS yang diambil pada 19 Oktober 2023 ini menunjukkan kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke USS Carney (DDG 64) mengalahkan kombinasi rudal Houthi dan kendaraan udara tak berawak di Laut Merah. Sebuah kapal Angkatan Laut AS di Laut Merah pada 19 Oktober 2023 menembak jatuh rudal dan drone yang ditembakkan oleh pemberontak Huthi yang didukung Iran di Yaman, kemungkinan di Israel, kata Pentagon. Tiga "rudal jelajah serangan darat dan beberapa drone" dicegat oleh sebuah kapal perusak, kata juru bicara Pentagon Brigadir Jenderal Pat Ryder kepada wartawan. Serangan itu “diluncurkan oleh pasukan Huthi di Yaman” yang berpotensi mengarah ke sasaran di Israel, tambahnya. Ribuan warga sipil, baik warga Palestina maupun Israel, telah tewas sejak 7 Oktober 2023, setelah militan Hamas Palestina yang berbasis di Jalur Gaza memasuki Israel selatan dalam serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang memicu perang yang diumumkan oleh Israel terhadap Hamas dengan pemboman balasan di Gaza. (Aaron Lau / Angkatan Laut AS / AFP)

AS Klaim Rudal Bisa Ditembak Jatuh

Komando Pusat AS (CENTCOM) sebelumnya mengklaim kalau kapal perusak tersebut menembak jatuh rudal anti-kapal yang ditembakkan dari Yaman menuju Laut Merah dan tidak ada korban luka atau kerusakan yang dilaporkan.

"Pengumuman terbaru militer Yaman ini mematahkan klaim CENTCOM dan laporan CNN sebelumnya yang mengutip empat pejabat AS yang mengatakan sebuah rudal Yaman datang dalam jarak satu mil dari USS Gravely sebelum mampu menembak jatuhnya," kata laporan Al Mayaden.

Laporan CNN mengklaim, serangan terhadap USS Gravely adalah serangan YAF yang paling dekat dengan kapal perang AS dalam serangkaian upaya untuk menghantam kapal perang AS di Laut Merah.

Namun, pada 25 Januari, Saree mengkonfirmasi adanya konfrontasi dengan beberapa kapal perusak dan kapal perang AS di Teluk Aden dan Selat Bab al-Mandab.

Saat itu, juru bicara YAF menegaskan bahwa akibat dari konfrontasi tersebut termasuk “menyerang kapal perang Amerika secara langsung dan memaksa dua kapal dagang Amerika mundur dan kembali.”

Baca juga: Dua Jam Houthi Lepaskan Rentetan Rudal Balistik, Satu Hantam Kapal Perang AS, Kapal Kawalan Mundur

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat