androidvodic.com

Perang Israel-Hamas di Gaza Hari Ke-133, Situasi di RS Nasser Makin Genting - News

News - Berikut ini rangkuman peristiwa yang terjadi dalam perang Israel dengan kelompok militan Hamas di Gaza, Palestina, hari ke-133 pada Jumat, (16/2/2024).

Zionis menyerbu gedung utama Rumah Sakit Nasser di Gaza selatan.

Penggerebekan itu terjadi hanya beberapa jam setelah tembakan Israel menewaskan seorang pasien dan melukai enam lainnya di dekat kompleks tersebut.

Sudah hampir seminggu RS Nasser dikepung tentara Israel.

Ratusan staf, pasien, dan pengungsi masih terjebak di dalam, berjuang di tengah minimnya persediaan, termasuk makanan dan air.

Ini merupakan serangan terbaru Israel terhadap fasilitas medis.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengklaim pada pejuang Hamas bersembunyi di seluruh Jalur Gaza.

"Di rumah sakit, (Israel) menemukan senjata, termasuk mortir dan granat milik orang yang ditangkap," kata juru bicara militer Israel, Daniel Hagari.

Beberapa dari mereka yang ditahan, termasuk seorang sopir ambulans, yang disebut terlibat dalam serangan 7 Oktober di Israel.

Perang Israel-Hamas di Gaza Hari Ke-133

Krisis kemanusiaan di Gaza

  • Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) telah membagikan rekaman yang menunjukkan kehancuran di Kota Gaza akibat perang Israel melawan Hamas.

    "70 persen infrastruktur sipil telah hancur atau rusak parah," kata UNRWA, dikutip dari Al Jazeera.

Baca juga: Perang Israel di Gaza Hari ke-131, Pejabat Mesir Catat Kemajuan Kesepakatan Gencatan Senjata

Ketegangan dan diplomasi regional

  • Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah mengulangi peringatannya kepada Israel untuk tidak melanjutkan invasi darat diRafah tanpa rencana yang kredibel untuk menjamin keselamatan lebih dari satu juta warga Palestina yang berlindung di kota tersebut, menurut Gedung Putih.
  • Secara terpisah, di Lebanon, Hizbullah mengatakan mereka telah menembakkan puluhan roket ke sebuah kota di Israel utara sebagai tanggapan atas serangan udara yang menewaskan sedikitnya 10 warga sipil dan tiga pejuang Hizbullah di Lebanon selatan.
  • Prancis telah menyampaikan proposal tertulis ke Beirut yang bertujuan untuk mengakhiri permusuhan dengan Israel dan menyelesaikan sengketa perbatasan Lebanon-Israel, menurut sebuah dokumen yang dilihat oleh Reuters.
  • Di Mesir, citra satelit pada 15 Februari menunjukkan pembangunan tembok di sepanjang perbatasan Mesir-Gaza.

    Mesir dengan keras menolak pemindahan paksa warga Palestina ke wilayahnya, dan membantah bahwa mereka sedang mempersiapkan masuknya warga Palestina ke semenanjung Sinai.
  • Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Qatar juga menyatakan bahwa sebuah pesawat yang membawa bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina di Gaza telah tiba di lapangan terbang El Arish di utara Gurun Sinai di Mesir.

Situasi di Tepi Barat yang diduduki

  • Militer Israel melakukan “operasi penangkapan” di Kota Silat ad-Dhahr, selatan Jenin di Tepi Barat yang diduduki, kantor berita Wafa melaporkan.
  • Pasukan Israel menggerebek lebih dari 15 rumah dan “menangkap puluhan pemuda” di kota itu, kata Wafa.
  • Di tempat lain di Tepi Barat yang diduduki, pasukan Israel telah menangkap seorang pria dari kota Anabta, sebelah timur Tulkarem, sementara seorang pria juga ditangkap di Kota Qalqilya.

(News, Andari Wulan Nugrahani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat