androidvodic.com

China Dukung Hak Palestina Melakukan Perjuangan Bersenjata Melawan Israel, Hamas Bukan Teroris - News

Tiongkok Dukung Hak Palestina Melakukan Perjuangan Bersenjata Lawan Israel, Hamas Bukan Teroris

News- Tiongkok mendukung hak rakyat Palestina untuk melakukan 'perjuangan bersenjata' melawan pendudukan Israel.

Lebih dari 50 negara mengambil bagian dalam dengar pendapat hukum di Den Haag yang berupaya mengakhiri pendudukan ilegal Israel di wilayah Palestina.

Tiongkok menyatakan dukungannya terhadap hak warga Palestina untuk terlibat dalam perjuangan bersenjata melawan Israel, dan menekankan bahwa hal tersebut bukanlah terorisme pada sidang hari keempat di Mahkamah Internasional (ICJ) mengenai kasus pendudukan ilegal Israel di wilayah Palestina.

“Dalam upaya mencapai hak untuk menentukan nasib sendiri, [rakyat Palestina mempunyai hak untuk] menggunakan kekuatan untuk melawan penindasan asing dan untuk menyelesaikan pendirian negara Palestina,” Ma Xinmin, penasihat hukum Kementerian Luar Negeri Tiongkok, mengatakan kepada The Guardian. Pengadilan Dunia pada 22 Februari.

Mengutip contoh berbagai orang [yang] membebaskan diri dari pemerintahan kolonial” melalui perlawanan bersenjata, Xinmin berpendapat bahwa tindakan perlawanan terhadap pendudukan Israel bukan terorisme namun perjuangan bersenjata yang sah dan hak yang tidak dapat dicabut.”

“Banyak resolusi lain yang mengakui legitimasi perjuangan dengan segala cara yang ada, termasuk perjuangan bersenjata oleh orang-orang yang berada di bawah dominasi kolonial atau pendudukan asing untuk mewujudkan hak menentukan nasib sendiri,” kata pejabat Tiongkok tersebut.

Baca juga: Hamas Puji China yang Pro-Palestina di ICJ, Keadilan bagi Warga Palestina Tidak Boleh Diabaikan

“Presiden Tiongkok Xi Jinping telah menekankan dalam beberapa kesempatan bahwa Tiongkok menyerukan gencatan senjata komprehensif dan solusi awal terhadap masalah Palestina berdasarkan solusi dua negara melalui negosiasi,” tambahnya.

Xinmin naik ke podium mendahului Wakil Menteri Luar Negeri Iran untuk Urusan Hukum dan Internasional, Reza Najafi, yang menyoroti pelanggaran bersejarah Israel terhadap hak warga Palestina untuk menentukan nasib sendiri.

“Pembentukan rezim Israel dilakukan melalui proses kekerasan yang melibatkan pemindahan paksa penduduk asli Palestina untuk menciptakan koloni mayoritas Yahudi sejalan dengan gerakan Zionis,” kata Najafi.

Ia juga menyebutkan serangkaian pelanggaran yang dilakukan Tel Aviv, termasuk pendudukan berkepanjangan dan manipulasi komposisi demografi di wilayah Palestina yang diduduki, perubahan karakter dan status Yerusalem, serta tindakan diskriminatif dan pelanggaran hak-hak warga Palestina. rakyat untuk mendapatkan kedaulatan permanen atas sumber daya alamnya.

“Perluasan pemukiman, jalan dan pembatas yang terpisah serta pos pemeriksaan telah menciptakan sistem apartheid yang mengisolasi komunitas Palestina,” tambah Najafi sebelum berbicara kepada Dewan Keamanan PBB (DK PBB) atas tidak adanya tindakan atau tindakan yang tidak memadai, dan mengatakan bahwa hal ini adalah sebuah tindakan yang tidak memadai. Salah satu penyebab utamanya adalah pendudukan berkepanjangan di Palestina dan menyoroti bahwa badan tertinggi PBB itu lumpuh karena kebuntuan yang disebabkan oleh anggota tetap tertentu.

“Semua kekejaman dan kejahatan yang dilakukan oleh rezim Israel dalam hampir delapan tahun terakhir adalah konsekuensi dari kelambanan tindakan tersebut,” pejabat Iran menyimpulkan.

Perwakilan Irak di ICJ, Hayder Shiya al-Barrak, naik ke podium berikutnya dan meminta ICJ untuk menghormati perintah pengadilan sebelumnya terhadap Israel, seperti ketentuan yang dibuat setelah kasus Afrika Selatan untuk menghentikan mesin pembunuh sistematis terhadap warga Palestina.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat